Surya Lailana Putra MS

Alumni PPS UNP. Guru Kelas SDN 02 Koto Balingka, Kec. Koto Balingka, Kab. Pasaman Barat, Prov. Sumatra Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Classmeeting

Manfaat Classmeeting

Mungkin saat ini sudah menyelesaikan ujian semesternya. Ujiannya pasti lancar, hasilnya diharapkan cukup bagus pada waktu penerimaan rapor. Lalu, apa kegiatan saat menunggu datangnya waktu penerimaan rapor?

Biasanya sekolah mengadakan kegiatan classmeeting. Suatu kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antar kelas dalam bentuk perlombaan ataupun pertandingan. Tentunya cukup menarik untuk diikuti oleh semua siswa di sekolah tersebut. Jenis kegiatan perlombaan atau pertandingan yang diadakan tergantung pada program yang telah disusun

Bentuk kegiatan dalam bidang keagamaan, misalnya; lomba baca Al Qur’an, baca puisi, nyanyi, dan lain sebagainya. Bidang olah raga umpamanya; volleyball, tenis meja, sepak takraw, catur.

Bentuk perlombaan yang cukup menarik diantaranya adalah; balap karung (pacu karung), membawa botol di kepala dan permainan tiup bola pingpong. Tentunya masih banyak bidang lain yang patut dipilih dan disesuaikan dengan kondisi sekolah.

Apa manfaatnya kegiatan classmeeting? Banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1. Mengendorkan urat saraf

Ujian semester akan menyedot banyak energi tubuh maupun otak. Saraf otak menjadi tegang sehingga perlu dikendorkan melalui kegiatan classmeeting yang murah lagi meriah. Dengan kegiatan classmeeting, saraf otak menjadi rileks kembali asal diikuti dengan baik.

2. Menyalurkan bakat dan minat siswa

Siswa akan memiliki bakat dan minat yang tidak sama satu sama lainnya. Siswa berbakat seni, budaya, olahraga, keagamaan dan lain sebagainya akan tersalurkan melalui kegiatan classmeeting di sekolah

3. Mempererat tali silaturrahmi siswa

Classmeeting mempertemukan semua siswa dalam suatu kegiatan yang berbentuk pertandingan dan perlombaan. Ajang ini akan memberi kesembatan kepada siswa untuk saling mengenal lebih dekat serta memelihara sikap sportifitas.

4. Mencari bibit prestasi dibidang ekstrakurikuler

Melalui kegiatan classmeeting dapat ditemukan siswa yang memiliki bakat dan minat menonjol dalam satu bidang kegiatan ekstrakurikuler. Bagi pengelola sekoalh, ajang classmeeting dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencari siswa berprestasi di bidang kegiatan ekstrakurikuler.

5. Melatih mental bersaing yang sehat

Perlombaan serta pertandingan bernilai persaingan untuk memperoleh hasil terbaik. Siswa harus bersaing secara sehat dan sportif dalam meraih kemenangan atas siswa lain. Kalah atau menang persoalan biasa. Toh, dalam pertandingan atau perlombaan harus ada yang menang dan kalah. Ini harus dipahami oleh semua siswa.

Itulah 5 manfaat kegiatan classmeeting di sekolah. Namun demikian, manfaat tersebut akan diperoleh apabila dilaksanakan dengan menerapkan prinsip murah meriah, penuh kegembiraan dan antusias serta kekeluargaan. Tentu saja, guru di sekolah berharap agar semua siswa di sekolah itu dapat mengikuti kegiatan klasmeting dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post