Surya Lailana Putra MS

Alumni PPS UNP. Guru Kelas SDN 02 Koto Balingka, Kec. Koto Balingka, Kab. Pasaman Barat, Prov. Sumatra Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengembalikan Semangat yang Hilang

Mengembalikan Semangat yang Hilang

Kegiatan belajar mengajar di sekolah pada jam-jam terakhir yaitu pukul 12.00 WIB ke atas, biasanya suasana kelas mulai kurang kondusif. Banyak siswa yang semangat belajarnya mulai menurun, kelelahan sehabis olahraga, ada yang mengantuk, atau bahkan siswa yang duduk di kursi paling belakang berbicara sendiri dengan temannya. Hal ini berakibat proses pembelajaran tidak bisa berjalan dengan efektif karena tidak adanya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak bisa diserap oleh siswa karena kurangnya respon dari siswa untuk menerima pelajaran.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi kondisi kelas yang kurang kondusif seperti di atas adalah sebagai berikut :

1. Selingan pantun

Sebelum pembelajaran dimulai, dilakukan apersepsi dengan berpantun. Contoh pantunnya sebagai berikut :

Pergi ke pasar membeli batikTidak lupa membeli sarimiDuhai muridku yang tampan dan cantikBagaimana kabar kalian hari ini

Setelah berpantun seperti di atas maka siswa disuruh untuk membalas dengan pantun juga. Kami menunjuk siswa yang kurang bersemangat atau mengantuk untuk menjawab pantun. Dengan demikian siswa tersebut akan berpikir untuk membuat pantun sehingga semangat belajarnya akan bangkit kembali.

2. Menyampaikan materi pelajaran dengan canda dan humor

Canda atau humor merupakan salah satu jurus ampuh untuk membangkitkan semangat belajar siswa yang mulai menurun. Dari canda dan humor itu, siswa menjadi tertawa. Tertawa membuat fisik, mental dan sosial lebih sehat. Ternyata tertawa juga dapat mengurangi tingkat stres, melancarkan sirkulasi peredaran darah, mengatasi rasa bosan, meningkatkan mood, dan lebih termotivasi.

3. Membuat permainan atau tepukan lucu

Tepukan atau permainan akan mengembalikan gairah belajar siswa. Siswa akan bersemangat lagi jika ada tepukan, permainan atau nyanyian baru. Banyak sekali tepukan, permainan atau nyanyian yang membuat siswa lebih semangat lagi. Tergantung kreativitas kita sebagai seorang guru bagaimana menciptakan suatu permainan, nyanyian, atau tepukan yang bisa membangkitkan semangat siswa.

4. Penayangan multimedia

Inilah sebagian cara yang dilakukan guna mengatasi siswa-siswa yang kurang bersemangat dan mengantuk di jam-jam pelajaran terakhir. Semoga dapat bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus banget. Inspiratif

27 Nov
Balas

Alhamdulillah/ Terima kasih Pak Leck

28 Nov

Betul pak lakukan ice breaking. Sukses selalu dan barakallah

26 Nov
Balas

Iya Bu. Amin

28 Nov



search

New Post