suryani isnoel

Guru Biologi di SMAN1 Salo Bangkinang,Kampar.Riau...

Selengkapnya
Navigasi Web
Liburan

Liburan

Bahagia dengan kondisi yang ada Itulah yang kucoba tanamkan disukma Rapor telah selesai dibagikan kepada para siswa. Beban serasa lepas dari jiwa, Tugas semester ini ,tuntaslah sudah. Hadiah untuk sang juara siap sedia untuk mereka pejuang akademika.

Mereka bahagia dengan hasil yang diperolehnya.. Beberapa orang anak ada yang berwajah kecewa. Karena hasil yang diperoleh tidak memuaskan hati. Itulah usaha yang kadangkala tidak sesuai dengan harapan pemiliknya.

Liburanku diisi dengan aktivitas dirumah. Hobby masak kusalurkan sepenuh jiwa. Bikin ketan durian. Karena di daerahku ini lagi musim duren, masak cumi dan udang.. Semua kunikmati dengan suka cita. Kalau untuk selera makan , aku memang jagonyo. Liburan serasa penuh warna. Aku melepas selera.

Waduh, beberapa hari ini badanku jadi sakit-sakit. Semua sendi serasa nyeri .Padahal kami punya niat untuk pergi traveling. Usut punya usut, kucari kira-kira apa penyebabnya? Kenapa badan ini jadi saki-sakit, ternyata

1. Makanan laut ( sea food ) .

Sangat kaya akan purin, merupakan pantangan untuk penderita penyakit asam urat. Jenis-jenis makanan laut yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel ( ikan kembung ), tiram, udang, lobster atau kepiting dan cumi-cumi. Wah ini makanan yang aku konsumsi kemaren, yaitu udang dan cumi. Pantaslah semua badanku sakit-sakit.

2.Durian.

Buah durian ternyata adalah buah yang dapat memunculkan kembali penyakit assm urat. Walau buah ini sangat lezat, disukai banyak orang. ternyata tak dapat dipungkiri buah amazing ini salah satu penyulut persendianku jadi sakit dan nyeri.

3.Masakan bersantan.

Ini makanan kesukaanku..Kemaren, Ikan selai dicampur dengan daun ubi, ditambah santan dan cabe, inilah sambal pembangkit selera. Ini juga jadi santapanku beberapa hari yang lewat. Ternyata ini memberi saham yang besar pemicu asam urat.

4.Kembang kol, waduh ini berapa hari yang lewat juga kumakan dengan lahapnya. Pantaslah badanku salit-sakit luar biasa, semua makanan yang kumakan pemicu asam urat.

5.Jeroan, juga pemicu asam .

6.Daging

7.Jamur

8.Sayur bayam

Itulah gambaran bagi penderita penyakit asam urat, makanan apa yang harus kita hindari atau jangan dimakan terlalu banyak, sehingga kita terhindar dari penyakit yang bikin nyeri pada semua persendian.

Mulai hari ini , Aku harus bangkit dengan kembali berolahraga dan tidak memakan makanan yang dapat memicu asam urat menjadi tinggi. Karena penyakit ini telah menghambat aktivitas dan rencana liburanku. Semoga beberapa hari kedepan aku kembalu sehat dan kami dapat pergi liburan untuk menikmati Alam ciptaan Tuhan di daerah Sumbar Aamiin, barakallah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat mengisi liburan Bunda Suryani...pengen ketan duriannya...mantaaap..tetap hati-hati dengan asam uratnya...sehat n sukses Bund.. Barakallah

25 Dec
Balas

Iya bund. Luar biasa sakitnya jika penyakit asam urat sudah kambuh. Efek jera untuk diri sendiri. jika konsumsi makananan tanpa kendali penyakit kan menggerogoti. Ya ketan durian makanan favoriteku ,usia tak muda lagi, selera sudah terbatasi dengan kondisi kesehatan yang tak sepeti dulu. Yuuks bund, seandainya dirimu datang kan kuhidangkan ketan duren yang maknyuss dilidah. Met liburan juga bunda smart, sukses selalu, barakallah.

25 Dec

Delapan macam pantangan agar asam urat tak meninggi, tambah satu lagi bund, kesembilan karena bunda tidak memberikan untukku. Aku juga senang durian bund, alhamdulillah tidak ada efek sampingnya. Betul sekali bunda, pola makan memang harus terjaga untuk kita yang sudah jelita ini agar tetap jelita (cantik). Olah raga harus tetap disempatkan agar tubuh tetap bugar. Sukses selalu dan barakallah

25 Dec
Balas

Hehe..ya bund. Ternyata kita satu selera tapi jauh beda. Mungkin karena bunda Siti pintar memilah dan berolahraga..Kadang kumerasa muda dengan selera, tapi ternyata tidak dengan body dan staminanya, makasih bund semangatnya, barakallah.

25 Dec

Hehe..ya bund. Ternyata kita satu selera tapi jauh beda bodynya. Bunda Siti langsing sementara akulangsung, body big...Mungkin karena bunda Siti pintar memilah dan berolahraga..Kadang kumerasa muda dengan selera, tapi ternyata tidak dengan body dan staminanya, makasih bund semangatnya, barakallah.

25 Dec

Liburan selalu membawa kesan, meski di rumah sendiri atau travelling. Sehat ya, Bu Yani...

25 Dec
Balas

Ya bun, kesan yang tercipta dari kondisi tang kita alami dan jalani. Meski tak semulus,renca. Tapi syukur nikmat harus tetap ada, met liburan juga ya bunda Filla semoga tetap semangat dan bahagia..Aamiin

25 Dec



search

New Post