[email protected]

Belajar tidak mengenal usia. Lahir di Gombong Kebumen, 29 Juni 1971. Pernah bersekolah di SPGN Kebumen. Sekarang Pendidik di SDN Mardharjo, Musi Rawas, Sumater...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sang Pengatur Negara

Perawakannya nyaris sempurna. Kegantengannya dipuji banyak orang, termasuk dirinya. Ia memuji dirinya bahwa ia dalang paling ganteng sedunia. Tentu hanya kelakar. Beliau seniman rendah hati yang sangat mumpuni. Seorang santri, seorang dalang, seorang kyai, dan bupati.

Ki Enthus Susmono adalah dalang idola saya. Dalang serba bisa ini suaranya berat, merdu, mantab. Pandai mewakili karakter puluhan tokoh wayang yang dimainkan. Memainkan raja berwibawa hingga wanita genit menggoda. Adegan menangis sesenggukan sang punakawan diselingi adegan marah Raden Gatotkaca yang naik darah, dengan luwes ia bawakan.

Dalang yang serba bisa, entertainer sejati. Kebiasaan itu ia peroleh secara otodidak. Belajar sendiri. dari ayahnya, kakeknya, dan buyutnya yang juga dalang. Seorang Dahlan Iskan, wartawan kawakan, sempat bertanya apakah berat menjadi bupati. inilah jawab Ki Dalang: Saya sudah biasa mengatur negara, apa susahnya mengatur kabupaten?" Sayang sekali. Bupati pengatur negara itu sudah tidak ada lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post