Susi Friska Sinaga

Aku hanyalah setitik air yang berusaha memberi kelegaan untukMu. Meskipun akan habis setidaknya aku pernah berarti. (Susi F Sinaga)...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEDA PAHAM

BEDA PAHAM

#TantanganGurusianaMenulis 90 Hari (Hari ke-69)

BEDA PAHAM

Monang berangkat ke Medan setelah dinyatakan lulus masuk universitas negeri melalui jalur prestasi. Ia sangat senang. Ini adalah pengalaman pertamanya menginjakkan kaki di kota besar itu.

Perasaan bahagia dan cemas bercampur menjadi satu dalam pikiran Monang. Bahagia karena ia akan menjadi orang pertama di kampungnya yang kuliah di kota. Cemas karena penggunaan bahasa Indonesia Monang masih sangat janggal akibat keseharian menggunakan bahasa daerah.

Pagi ini Monang hendak pergi ke pasar. Ada banyak jenis angkutan yang berseliweran. Agar tidak keliru, ia menghentikan setiap angkutan yang melintas. Namun, tak ada satupun yang mau mengangkutnya. Monang heran mengapa begitu. Beberapa menit kemudian muncullah sebuah angkutan yang mirip dengan jenis angkutan sebelumnya. Monang menghentikannya, “Oh mau ke onan. Di sini namanya pajak, ayo naik!” jawab supir angkutan. Ternyata barulah supir ini yang paham maksud dari bahasa Monang.

..

*onan = pajak = pasar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Beda nama....pasar, pajak serta onan

04 Aug
Balas

Iya ya bu, hehehee,,,,seharusnya judulnya gitu ya

05 Aug

Alhamdulillah. Bertambah lagi pengetahuan saya. Onan= pajak= pasar. Makasiy ya, Bun. Ceritanya keren!

05 Aug
Balas

Hehehe,,,,sama-sama bu. Itu bahasa daerah bu, bahasa batak. Salam kenal ya bu Teti

07 Aug

Siip Bu mantap pentigrafnya tetap semangat lanjut Bu salam literasi dan sukses utk semua

03 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya bu Rini, Salam literasi dan sukses juga buat ibu ya

03 Aug

Gak kebayang kalau gak ada satupun yg ngerti. Bakalan seharian Monang nungguin angkot. He...he...keren Bu.

04 Aug
Balas

Hahahaa,,,itulah bu. Terima kasih atas kunjungannya ya bu :)

04 Aug

Keren ceritanya ibu Susi cantik.. Semoga Monang segera me yesuaikan diri berikut berbahasa Indonesia yang baik, untung saja masih ada sopir yang mengerti bahasa Monang... Suskes selalu ibu.. Salam santun

04 Aug
Balas

Hehehehe,,,iya bu Trisna. Salam sukses juga buat ibu ya.

04 Aug

Bagus bingits bahasanya.. sukses selalu karyanya

04 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya bu Dwi. Salam sukses untuk ibu juga ya..

04 Aug

Hehehe..pasar namanya pajak jika di Medan..yah ..pantas nggak ada yang mau ngangkut monang... keren ceritanya bun.. salam sukses selalu

03 Aug
Balas

Hehehee,,,iya bu. :) Terima kasih atas apresiasinya selalu, salam sukses juga bu Solvia

03 Aug



search

New Post