Susi Purwanti

Berusaha memaknai hidup, seorang guru di SMPN 1 Kotabaru - Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Terbimbing (3.3.a.6.)

Refleksi Terbimbing (3.3.a.6.)

1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Sebelum membuat program harus memikirkan terlebih dahulu dampak dari program tersebut, itu justru yang menarik. Apakah berdampak positifnya bagi perkembangan kepemimpinan murid lebih banyak dan mudah terealisasi? Atau justru program itu malah menyusahkan atau membuat bingung murid. Maka terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan program itu terutama yang dibutuhkan oleh murid dengan memaksimalkan semua aset sekolah.

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

a. Aset sekolah dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk program yang berdampak pada murid.

b. Fokus pada tumbuh kembang murid yang dapat membentuk kepemimpinan pembelajaran yang berpedoman pada Profil Pelajar Pancasila.

c. Program yang berdampak pada murid ini harus sejalan dengan visi misi sekolah.

3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

a. Setiap pembuatan program akan saya kaji ulang lagi sesuai konsep tahapan BAGJA

b. Membuat konsep program dengan melibatkan murid, orangtua dan rekan sejawat dengan dukungan pemimpin sekolah

c. Manfaatkan aset sekolah sebaik mungkin terutama mana saja yang belum maksimal

d. Diagram Y sangat membantu sekali untuk program berdampak pada murid, mulai dari voice, choice, dan ownership.

4. Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menantang bagi saya adalah harus membuat program dengan melibatkan voice, choice, dan ownership juga dengan melalui tahapan BAGJA. Dan program tersebut harus berdampak pada murid dengan memaksimalkan seluruh aset sekolah. Sebuah program yang dibuat secara matang dan tidak asal-asalan. Itu menjadi tantangan bagi saya.

5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

a. Aset sekolah

b. Murid, orangtua, komite, rekan sejawat, kepala sekolah, serta lingkungan

c. Komunitas keluarga, komununitas kelas dan antar kelas, komunitas sekolah, dan komunitas luar sekolah.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap salam literasi

27 Mar
Balas

Wow... serunya kalau melihat jumlah anak-anak dalam bimbingan ini bun

27 Mar
Balas



search

New Post