Susmiyati, M.Pd.

Penulis dan Pengajar di SMP Negeri 1 Tulungagung...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sumber Gagasan yang Melimpah

#TantanganMenulis30

#HariKe36

Bagi seorang guru, sumber gagasan untuk menulis bisa diambil dari berbagai pengalaman. Misalnya saat mengatasi siswa bermasalah, menaklukkan materi yang sulit untuk dibelajarkan pasa siswa. Baik karena materinya yang abstrak atau karena sempitnya sarana belajar mengajar.

Sumber gagasan berada di sekitar aktivitas keseharian guru. Seorang guru, bahkan bisa menuliskan pengalamannya tentang kegalauan. Yaitu ketika hasil ulangan, banyak yang tak mencapai Kriteria Ketuntusan Minimal (KKM). Bisa pula tentang pengalaman menyelesaikan konfik antar siswa saat sebagai walikelas.

Guru bisa pula menulis tentang pengalaman repotnya membuat kelengkapan administrasi pembelajaran, juga rumitnya menapaki jalan menuju kenaikan pangkat.

Bagi seorang guru, pengalaman yang berkait dengan sekolah dan pendidikan merupakan sumber yang melimpah untuk ditulis. Semua tidaklah sulit, karena hal itu merupakan pengalaman empiris, yang dialami olehnya.

Penulis pernah mempublikasikan tulisan dengan judul' Kurikulum 2013, Kendala dan Upaya Mengatasinya, yang tayang di majalah skala provinsi kurang dari satu bulan.

Gagasan untuk menuliskan pengalaman ini muncul saat penulis mengalami kesulitan untuk menerapkan kurikulum baru itu di lapangan, meski tetah mengikuti dikat sebelumnya. Adanya kesulitan ini merupakan konflik yang bisa diungkap dalam sebuah tulisan.

Selamat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post