Suswani

Suswani adalah seorang pendidik di SDN Pangkalpinang. Selama 20 tahun mengabdi sebagai Guru SD, ia lalu diangkat menjadi Keplala SD pada tahun 2008. Pengal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wabah Ulat Bulu Membawa Berkah

Wabah Ulat Bulu Membawa Berkah

Jam di dinding kantorku sudah menunjukkan pukul 12.00 tetapi aku tetap saja asyik menyelesaikan tugas rutin sebagai kepala sekolah, Tiba tiba masuk ke ruang kantorku guru kelas 4 , guru itu bernama Bu Wiwik ,dengan wajah yang cemas Bu Wiwik melapor kejadian yang menimpa murid kelas 4.

" Aslamualaikum bu ! " Kata bu wiwik

" Waalaiikum salam , silahkan masuk bu ! " jawabku dengan lembut

' Begini bu ,beberapa hari ini ada hal yang mengganggu,terutama semua siswa kelas 4 gatal gatal bu terkena ulat bulu .Badan mereka gatal - gatal dan bengkak - bengkak " kata ibu Wiwik

" Sudah berapa lama kejadiannya bu ? " kataku penuh rasa was was

" Sudah beberapa hari ini bu , kami kira gatal biasa ternyata di dinding dan lantai kelas banyak bertebaran ulat bulu warnanya hitam ! " Kata bU Wiwik

Mendengar penjelasan bu Wiwik lalu aku langsung melihat lokasi kejadian dan melihat anak anak yang terkena wabah tersebut.Tenyata memang benar ada ulat bulu yang masih tersisa di lantai dan di dinding kelas 4 .Hampir sebagian siswa SDN 37 terkena wabah tersebut.

Kutelusuri darimana wabah itu datang ? Ternyata ualt bulu tersebut berasal dari pohon yang berada di halaman sekolah .Kuamati dengan seksama dahan dan daun pohon tersebut bertebaran ulat bulu,merinding bulu kudukku melihatnya.Segera aku menambil tindakan untuk mengasap pohon tersebut dengan bara api yang diletakan disabut kelapa dan segera mengobati siswa yang terkena dengan minyak kayu putih dan bedak tabur serta meminta guru untuk melaporkan kegiatan ini ke Puskesmas terdekat.

Kejadian wabah ulat bulu yang kuanggap hal sepele dan bisa diatasi sekolah ternyata menjadi viral. Sedikitpun aku tidak mengira kejadian nya bisa menjadi hEboh seperti ini.Para wartawan dari berbagai media cetak dan media online berdatangan untuk mencari informasi terkait dengan wabah tersebut .Pihak instansi terkait juga berdatangan mencair kebenaran berita tersebut dan solusi mengatasi wabah . Pada hari itu sekolah kami banyak didatangi para tamu yang tujuan nya ingin mengatasi permasalahan yang terjadi di sekolah.

Pemberitaan tentang sekolahku ada dimana mana ada di TV,di koran koran dan media online ,sehingga khalayak ramai yang belum mengenal prfil dan lokasi sekolah menjadi tahu.

" Wau bu..pemberitaan sekolah kita ada dimana mana .Sekolah kita jadi ngetop bu ! " Seloroh salah satu guru

Mendengar itu aku tersenyum saja dan berpesan kepada semua guru agar selalu berprilaku yang baik dalam mendidik siswa sehingga jika ada pemberitaan yang baik- baik saja.

Banyak keberkahan dari perisiwa ini ,para pejabat terjun langsung melihat situasi sekolah dan segera melakukan tindakan cepat antara lain mengatasi wabah. dengan cara melakukan Penyemprotan hama,Pengobatan kepada siswa dan perbaikan jalan menuju ke sekolahku.

Ternyata setiap musibah yang diberikan Allah SWT kepada kita insyaallah ada hikmahnya.Jadi kita harus bersabar dan selalu tawakal menerima cobaan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post