SUTRIMAN, S.Pd, M.Pd.

PROFIL PENULIS Sutriman adalah penulis kelahiran Banyuwangi pada 5 Agustus 1968. Ia alumni Universitas Islam Malang jurusan Magister Pendidikan Bahasa Indonesi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menuai Hasil Pejuangan Bersama

Menuai Hasil Pejuangan Bersama

Menuai Hasil Pejuangan Bersama

Sang Ayah tidak menyia-nyiakan perjuangan kedua orang tua yang setiap hari mengucurkan keringat karena bekerja keras tanpa mengenal lelah. Sang Ayah menyadari bahwa jerih payah kedua orang tua merupakan bentuk tanggung jawab beliau sebagai orang tua. Mereka tidak menginginkan anaknya gagal hanya karena terkendala biaya. Sang Ayah pun bertekad untuk berbuat yang terbaik dengan belajar rajin dan giat membantu kedua orang tua. Sang Ayah tidak ingin bermain-main dalam belajar. Sang Ayah memanfaatkan seluruh waktunya untuk sesuatu yang bermanfaat. Hampir tidak ada waktu yang disia-siakan, apalagi hanya sekadar nongkrong yang tidak berguna. Kalaupun bermain, Sang Ayah hanya melakukannya untuk menghilangkan kepenatan sejenak.

Menjelang akhir pembelajaran di kelas 3, sang Ayah semakin giat belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi Ebtanas. Ujian sekolah yang disebut Ebtanas dilaksanakan pemerintah dengan kemasan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namanya, evaluasi belajar tahap akhir nasional (ebtanas) yang baru pertama kali dilaksanakan oleh pemerintah. Hasilnya berupa DANEM ((Daftar Nilai Ebtanas Murni) inilah yang akan dijadikan dasar untuk mendaftarkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tanpa ada seleksi lagi. Sebagai siswa yang masuk dalam angkatan pertama atau boleh dibilang sebagai kelinci percobaan, tentu menghadapi beban psikologis tersendiri. Belum ada referensi yang bisa dijadikan acuan atau rujukan untuk bertanya tentang apa dan bagiamana teknis pelaksanaanya. Jangankan kakak kelas, Bapak dan Ibu Guru pun masih dalam batas prediksi untuk memberikan pelajaran tambahan di luar jam pembelajaran utama.

Sesuai jadwal yang ditentukan ujian akhir sekolah dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu. Sang Ayah bisa mengikuti semua proses evaluasi dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Kecemasan selalu dirasakan selama masa penantian dikeluarkannya pengumuman hasil ujian nasional. Alhamdulilah, ketika dipasang pengumuman kelulusan Sang Ayah dinaytakan lulus dengan hasil DANEM yang sangat memuaskan. Luapan perasaaan gembira, dirasakan bersama-sama dengan keluarga di rumah. Perjuangan bersama telah menuai hasilnya.

Bondowoso, 06 Juli 2020

#TantanganGurusiana (Hari ke-167)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post