Suttan Al Kahvi, Kom

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menumbuhkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL)
Refleksi Proses Pembelajaran SMK Negeri 10 Bengkulu Utara

Menumbuhkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL)

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi:

SMK Negeri 10 Bengkulu Utara

Lingkup Pendidikan:

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai:

Menumbuhkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) Siswa Kelas XI Broadcasting dan Film SMK Negeri 10 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penulis:

Suttan Al kahvi, S.Kom

Tanggal:

27 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

SMK Negeri 10 Bengkulu Utara Merupakan Sekolah Menengah Kejuruan pertama di Kecamatan Putri Hijau yang dahulu bernama SMK Negeri 2 Putri Hijau.SMK Negeri 10 Bengkulu Utara berdiri sejak tahun 2010 dan sudah mengalami perubahan nama beberapa kali dari SMK Negeri 2 Putri Hijau menjadi SMK Negeri 10 Bengkulu Utara.Lokasi SMK Negeri 10 Bengkulu Utara Sangat Strategis yaitu tepatnya di Jalan Poros Pasar Kamis Desa Suka Makmur Kecamatan Marga sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara.

Pembelajaran di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara dirasakan sebagian guru dan Siswa belum berhasil maksimal sesuai harapan. Hal ini bisa dirasakan oleh penulis dan pendidik di sekolahan tersebut pada waktu pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Seni Broadcasting dan Film.

Beberapa faktor yang menjadi latar belakang pemasalahan pembelajaran menyebabkan Kurang minat baca Siswa dan Siswa kurang mengusai soal Hots diantaranya:

1. Siswa lebih suka bermain games daripada membaca hal yang berkaitan dengan bacaan.

2. Fasilitas sekolah kurang maksimal menyediakan buku-buku yang sesuai dengan jurusan Seni Broadcasting dan Film.

3. Siswa kurang berfikir kritis dalam menulis naskah.

4. Keterampilan membaca masih kurang terbentuk karena tidak terbiasa membaca buku.

5. Anak lebih senang menonton video daripada

membaca.

6. Keterbatasan buku/bahan bacaan, keluarga kurang mendukung,

7. pengaruh menonton televisi serta penggunaan

handphone.

Guru sebagai pendidik memiliki peranan penting untuk mendorong Siswa agar minat baca siswa dan mengusai soal Hots.Sehingga praktik pembelajaran ini dianggap penting untuk dibagikan agar menjadi referensi atau inspirasi baik bagi rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan penulis / saya alami.Oleh karena itu, penulis / saya yang berperan sebagai pengajar dan pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang tepat sehingga diharapkan dapat meningkatkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam proses pembelajaran Siswa.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru,kepala sekolah dan pengawas sekolah penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yakni Menumbuhkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) Siswa Kelas XI Broadcasting dan Film SMK Negeri 10 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Tantangan:

Tantangan dalam tantangan untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut:

Teknis:

1. Jaringan Internet dalam menunjang proses pembelajaran masih terkendala

2. Sering terkendala jaringan listrik apabila musim hujan otomatis jaringan listrik padam

3. Keterbatasan alat peraga seperti infocus, Speaker karena harus bergantian dengan guru mata pelajaran lain ketika melakukan proses praktik pembelajaran lapangan.

4. Keterbatasan gawai siswa untuk menunjang proses pembelajaran.

Non teknis:

1. Kurang dukungan dari guru lain mengenai proses pembelajaran yang akan dilakukan.

2. Siswa kurang memahami pentingan pembelajaran dengan menggunakan teknologi.

3. Kurang dukungan wali Murid dalam proses pembelajaran

4. Siswa masih kurang fokus dalam proses pembelajaran.

Dukungan atau yang terlibat dalam proses pembelajaran:

Pihak Sekolah: hal ini yang paling utama Kepala dana kurikulum yang memberikan dukungan dalam proses pembelajaran.

Siswa:

1. Peserta PLL siswa SMK Negeri 10 Bengkulu utara

2. TIM Cameramen SMK Negeri 10 Bengkulu Utara

3. Guru SMK Negeri 10 Bengkulu Utara

Ditinjau dari penyebab dan tantangan tersebut dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi pedagogik dan profesional.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan dengan baik dan tepat oleh seorang guru.Langkah-langkah yang harus dilakukannya:

Pemilihan metode pembelajaran adalah dengan menyesuaikan antara karakteristik Siswa dan materi yang akan dibelajarkan.

Teknis:

1. Guru Membagikan link Website bilteknologi.blogspot.com di grup Mata pelajaran. Website berisikan tentang materi mata pelajaran, Tes sumatif LKPD dan video pembelajaran untuk mata pelajaran Seni broadcasting dan film.sehingga Siswa akan fokus baca siswa dan berfikir kritis terhadap mata pelajaran akan meningkat.

2. Pihak sekolah memfasilitasi Jenset apabila terjadi pemadaman listrik

3. Guru memberikan hostpot jaringan pribadi dari guru mata pelajaran apabila terkendala jaringan.

4. Menggunakan alat peraga mandiri yang dimiliki Guru mata pelajaran dalam proses proses pembelajaran.

Teknis:

1. Berkonsultasi dengan pihak terkait dalam proses pembelajaran misalnya dengan Kepala Sekolah, Kurikulum dan Wali murid.

2. Memberikan wawasan kepada siswa tentang betapa pentingnya upgrade teknologi demi mencapai tujuan proses pembelajaran hal ini berkaitan dengan minat baca dan Penguasaan soal Hots.

3. Membuat inovasi-inovasi terbaru dalam proses pembelajaran misalnya dengan membuat game untuk merefleksi atau menguji pengetahuan siswa terhadap materi yang akan diajarkan atau yang sudah dibelajarkan.

4. Membagi kelompok dalam setiap proses pembelajaran sehingga menumbuhkan pola berfikir kritis siswa.

5. Siswa dituntut menunjukan hasil unjuk erja didepan kelas.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Setelah dilakukan langkah-langkah pada aksi pembelajaran 1 sampai dengan aksi pembelajaran 4

didapatkan:

Hasil:

1. Siswa lebih fokus dalam pembelajaran.

2. Tujuan pembelajaran tercapai

3. Suasana kelas lebih hidup karena ada interaksi antara siswa dan guru.

4. Siswa dapat membuat website sendiri sehingga siswa nantinya dapat mengupload atau menunjukan hasil karya tulisnya di website yang sudah dibuat pada aksi 1.

5. Wawasan literasi siswa meningkat ketika membaca link website di bilteknologi.blogspot.com

6. Siswa dapat membuat konten atau video dengan baik dan benar dalam aksi 4

Respon:

Respon Siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah mereka sangat senang, antusias, termotivasi dan bersemangat.Hal ini dapat dilihat dari kegiatan refleksi akhir pembelajaran, Siswa merefleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan, media pembelajaran menarik dan mudah dipahami serta terlihat selama proses pembelajaran.

Faktor:

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap metode, model, dan media pembelajaran serta langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang telah dibuat.

Kesimpulan:

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah diharapkan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran agar proses pembelajaran sesuai harapan dan dapat Menumbuhkan Minat baca dan penguasaan soal Hots dalam proses pembelajaran Siswa Kelas XI Broadcasting dan Film Siswa sehingga meningkatkan hasil belajar mereka.

Berikut ini saya sertakan tautan / link video praktik pembelajaran aksi 1:

Link youtube aksi 3_15 menit

https://www.youtube.com/watch?v=4HsI-VD3_Fc

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

01 Dec
Balas



search

New Post