Suwarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Siswa Spenma Praktik Makan Bedulang
Gambar Koleksi Sekolah

Siswa Spenma Praktik Makan Bedulang

Menulis 365 hari, hari ke-328 (1033)

Siswa SMPN 5 Tanjungpandan (Spenma) kelas IX 9a,9b, 9c, 9d, dan 9e melakukan praktik "Pengolahan bahan pangan dan peternakan dengan tajuk "Makan Bedulang." Jadwal praktik makan bedulangnya dari Senin sampai Kamis, tanggal 22 sampai tanggal 24 November 2022. Para siswa melakukan praktik makan bedulang dalam mata pelajaran Prakarya dibawah bimbingan dan arahan guru mata pelajaran Prakarya Spenma Bu Dhea Utami Putri, S.Pd.

Dalam praktik makan bedulang ini siswa dikenalkan dengan budaya Belitung yaitu Makan Bedulang. Makan bedulang itu sudah sangat terkenal di Belitung. Makan bedulang itu untuk empat orang. Makan bedulang itu makan bersama empat orang dengan menggunakan nampan besar di dalamnya ada lauk opor ayam, gangan ikan ikan parik bumbu kucai, sambal serai, oseng-oseng kacang, ikan panggang sambal kicap, sayur menggale rebus, nasi, air teh tawar, dan cuci mulutnya agar-agar.

Makan bedulang ini untuk mengakrabkan diantara keluarga besar dan untuk m3njalin kebersamaan diantara keluarga besar. Makan bedulang juga biasanya untuk menyambut tamu asing atau wisatawan yang berkunjung ke Belitung. Umumnya wisatawan terkesan dengan adanya jamuan makan bedulang ini.

Siswa kelas 9 Spenma bisa mempraktikkan apa yang dipelajar di kelas dengan makan bedulang. Tentunya mereka bersama-sama tiap kelompok menyiapkan bahan makanan dan memasaknya di sekolah. Siswa laki-laki dan perempuan saling bekerja sama untuk mempraktikkan makan bedulang ini

Praktik makan bedulang siswa kelas 9 Spenma ini bertujuan.

1. Menambah pengetahuan siswa.

2. Menambah wawasan siswa dalam masak-memasak.

3. Menjalin kerja sama diantara siswa.

4. Memupuk kebersamaan dalam tim.

5. Melatih kepiawaian siswa dalam massk-memasak.

6. Menambah pengalaman siswa dalam praktik memasak.

Dengan kegiatan ini siswa diharapkan mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan khususnya dalam mengolah bahan pangan baik berupa ikan maupun bahan peternakan. Teruslah gali potensi diri dan kembangkan talenta yang kalian punya supaya ke depannya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses. Majulah selalu siswa Spenma. Kalian anak-anak yang hebat dan berbakat.

Salam literasi

Tanjungpandan, 23 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

23 Nov
Balas

Mantap ulasannya keren

23 Nov
Balas

Mantap ulasannya keren

23 Nov
Balas



search

New Post