Suwarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Spenma Peringati Hari Lahir Pancasila
Foto Koleksi Sekolah

Spenma Peringati Hari Lahir Pancasila

Menulis 365 hari, hari ke-149 (1221)

SMPN 5 Tanjungpandan memperingati hari lahirnya Pancasila dengan mengadakan upacara bendera. Acara ini diikuti oleh siswa kelas 7 dan kelas 8 serta bapak/ibu guru dan staf TU.Kamis, ! Juni 2023 peringatan hari lahirnya Pancasila.

Berikut susunan upacara Hari Lahir Pancasila 2023 (sumber: Kompas TV)

1. Persiapan upacara

2. Pasukan upacara Perwira Upacara memasuki tempat upacara

3. Komandan Upacara memasuki tempat upacara

4. Laporan

5. Inspektur Upacara memasuki tempat upacara

6. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara

7. Pengibaran Bendera Merah Putih

8. Mengheningkan Cipta

9. Pembacaan teks Pancasila

10. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

11. Amanat Inspektur Upacara

12. Pembacaan doa

13. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara

14. Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara

15. Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara

16. Komandan Upacara membubarkan pasukan

Upacara selesai

Pada amanat pembina upacara, pembina membacakan amanat pembicara yang diunduh dari internet. Pidato Amanat Pembina Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, berupa sejarah Pancasila, nilai luhur yang dikandungnya, proses perumusan, hingga menjadi teks Pancasila yang dikenal sekarang ini. Lahirnya Pancasila tidak lepas dari perjuangan para pahlawan yang sudah mendahului kita.

Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Persatuan Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demikian pelaksanaan upacara di Spenma hari ini. Semoga kita bisa mengimplementasikan pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari. Semoga seluruh siswa Spenma sebagai siswa yang mengamalkan Pancasila dan sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yaitu.

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

2. Berkebinekaan global

3. Mandiri.

4. Bergotong-royong.

5. Bernalar kritis

6. Kreatif

Semoga siswa Spenma bisa mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan bisa melaksanakan sikap-sikap dalam profil pelajar Pancasila sesama warga sekolah.

Salam Literasi

Tanjungpandan, 1 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Bunda. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Salam literasi

01 Jun
Balas



search

New Post