SUYANTO

Guru Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Jati Kab. Blora Jawa Tengah Nomor HP. 0852 3032 5931 email: [email protected]...

Selengkapnya
Navigasi Web
Senyum

Senyum

Senyum!

Tampaknya sangat sederhana hanya senyum. Walaupaun demikian ternyata senyum tidaklah mudah dapat dilakukan oleh setiap orang. Senyum sebenarnya merupakan ekspresi wajah uang menarik dan simpatik ketika berpapasan atau bertemu dengan orang lain. Senyum dapat menunjukkan bahwa pada diri orang tersebut terimpan kebaikan.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun jika bertemu dengan saudaramu hanya dengan wajah berseri" (HR. Muslim). Pada hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya: "Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu" (HR. Tirmidzi).

Mengingat hadits tersebut ternyata banyah manfaat senyum yang dapat kita peroleh, antara lain:

senyum sebagai sedekah yang mudah dan murah. Karenanya, agar mudah melepas senyum hendaknya kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang kita terima dalam setiap keadaan. senyuman bisa membuat orang lain yang melihatnya turut merasa bahagia. seseorang yang mudah melepar senyum dinilai sebagai orang yang baik, jujur, dan mengakrabkan. senyum juga merupakan kemuliaan akhlak seseorang.

Karena itu marilah kita berlatih dan membiasakan tersenyum bila berjumpa dengan orang lain terutama terhadap orang yang sudah kita kenal dengan baik. Tunjukkan kalau kita selalu dalam keadaan bahagia agar orang lain yang melihat pun merasa bahagia.

Apa gunanya kita menampakan permasalahan dan kegalauan di wajah, lalu menatap orang lain dengan wajah lesu atau bahkan tampak lebih garang?

Orang lain tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi dalm benak kita. Memang beban masalah yanh kita hadapi terkadang membuat diri kita sulit untuk melepaskan senyum walau tidak lebar. Namun apapun yang terjadi hendaklah kita berusaha tampil dengan wajah yang ceria yang selalu dihiasi dengan senyum. Jangan sampai orang lain memberi label kepada kita sebagai orang yang sombong, angkuh tidak mau tegur sapa walau hanya dengan senyuman.

"Jadikanlah dirimu sebagai matahari yang menyinari dunia dengan senyuman".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Senyum itu terkadang sulit juga untuk dilakukan, karena bertentangan dg hati. Semoga saya bisa tersenyum manis unt orang-orang tercinta dan orang-orang yang butuh kekuatan senyum kita.Salam literasi.

27 Jun
Balas

Amiin....terima kasih Bu Rina

28 Jun
Balas



search

New Post