M. Syafi'i Saragih, M.A

M. Syafi'i Saragih Guru di Pesantren Modern Al Barokah Kab. Simalungun dan Dosen di PT Di Simalungun Sumatera Utara. Buku yang sudah diterbitkan 1. Kon...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA AMPUH MENAHAN MARAH

CARA AMPUH MENAHAN MARAH

Pernahkah anda marah? Karena sesuatu yang membuat anda jengkel, kesal, atau apapun? Yang kadang kemarahan itu bisa berujung penyesalan mendalam. Kalau iya, tahanlah..tahanlah marahmu sekuat mungkin. Karena, marah cuma mendatangkan kerugian. Tak sedikit kemarahan membuat segalanya berantakan. Persaudaraan terpisahkan, damai jadi dendam, tujuan terabaikan, impian terburaikan, bahkan bisa berujung kematian, karena dendam dilampiaskan.

Kalau anda sedang marah, ingat, orang yang bisa menahan marah itu Allah siapkan surga baginya yang luasnya seluas langit dan bumi. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran; 133

"Dan bersegeralah kalian menuju ampunan dan surga Tuhanmu yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa; yaitu mereka yang menginfakkan hartanya baik di waktu sempit dan lapang, dan yang mampu menahan amarahnya, dan yang memaafkan orang lain..."

Ayat ini jelas sekali menempatkan orang-orang yang mampu menahan marah sebagai orang yang bertakwa. Kenapa? Karena Memang menahan marah bukan mudah, perlu kekuatan diri yang bersumber dari dalam hati. Orang yang bisa nahan marah itu, salah satu karakter orang yang sabar, orang sabar itu selalu disertai oleh Allah SWT. Ketakwaan itu ada di hati sebagaimana Rasulullah Saw pernah ditanya oleh para sahabat tentang di mana takwa itu. Rasulullah Saw menunjukkan jarinya ke dada dan mengatakan " at-takwa ha huna", takwa itu ada di sini.

Yok mari kita tahan amarah dalam keadaan, situasi dan kondisi apapun. Karena marah itu jalan dan ruang tercepat bagi setan menguasai kita. Tahanlah marah sekalipun kepada musuh.

Lantas bagaimana menahan marah. Berikut cara ampuh menahan marah;

1. Mengucapkan ta'awuz. Sebagaimana petunjuk Nabi dalam hadis yang diriwayatkan as-sahmi dalam tarikh jarjan.

"Jika seseorang marah, kemudian ia mengucapkan a'udzu Billah (aku berlindung kepada Allah) , maka redalah marahnya.

2. Diam

Hadis riwayat Ahmad

"Jika kalian marah, maka diamlah". Degan diam maka insyaallah marah akan padam

3. Mengubah posisi

Hadis riwayat Abu Daud, "jika kalian marah saat berdiri, maka duduklah, jika marah telah hilang maka cukup, jika tidak lenyap, maka berbaringlah".

4. Berwudhu

Hadis riwayat Abu Daud,. "sesungguhnya marah itu dari syetan, syetan itu diciptakan dari api, api akan padam dengan air. Apabila kalian marah hendaklah berwudhu"

Nah, itulah beberapa cara ampuh menahan marah. Dan.., jangan lupa Nabi menjanjikan sesuatu yang luar biasa bagi yang mampu menahan marah walaupun ia bisa melupakannya. Ketika sahabat bertanya kepada Rasulullah tentang amalan yang bisa memasukkan orang ke dalam surga, Rasulullah bersabda, "Jangan marah, bagimu surga", Hadis dari Abu darda yang diriwayatkan oleh Thabrani.

Nah, apalagi kita sebagai orang tua dan guru, mendidik tanpa marah adalah satu keniscayaan.

Allahu A'lam

Sys, 16 Okt 20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tipsnya mantapz Pak

17 Oct
Balas

Trmksh Bu.. salam

17 Oct



search

New Post