Syaiful

kita hidup untuk belajar, membaca berbagai kedaan dalam kehidupan. literasi hidup......

Selengkapnya
Navigasi Web

Hendaknya Kita Memperhatikan Siapa Teman Kita

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa berteman kepada siapa saja adalah hal baik. itu bisa dijadikan pedoman jika kita tidak mempertimbangkan akhirat sebagai tolok ukurnya. padahal hakikatnya teman dapat mencerimkan diri kita sebagaimana dalah hadist bahwa "Seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin"

artinya siapa teman kita maka itulah diri kita.

kita wajib memahami bahwa teman akan membentuk karakter kita. berteman dengan penjual parfum, maka akan memercikkan wangi terhadap tubuh kita. jika kita berteman dengan yang bergelut di pelangan ikan, maka bau amis akan melekat di tubuh kita. begitulah peran teman terhadap diri kita.

teman yang baik tidak akan mengajak kita dalah hal-hal yang menjerumuskan kita dalam keburukan.

dalam agama, kita tidak boleh sembarangan memilih teman. baiknya kita memperhatikan beberapa hal yang ada pada teman kita, di antaranya:

1. memiliki pemahaman agama yang baik, karena agama adalah pengendali kita dalam menajalani hidup

2. taat beribadah dan menjauhi maksiat.

3. berakhlak mulia dan bertutur kata baik.

4. suka menasihati kita dalam berbagai hal. teman yang baik itu akan banyak menasihati kita meskipun itu kurang mengenakkan bagi kita. teman yang baik itu akan memuji kita secukupnya agar diri kita tidak terkena penyakit jumawa.

5. berpandangan biasa terhadap dunia dan tidak mengejar kedudukan. teman yang baik tidak akan mengajak kita menghalalkan segala cara meraih apa yang kita inginkan.

6. memiliki banyak ilmu dan dapat membagi ilmunya. karena banyak teman yang memiliki banyak ilmu namun hanya membagi pada orang-orang tertentu atau berbatas pada kegiatan tertentu saja.

7. berkapaian yang tidak melanggar aturan agama. teman yang baik tahu mana pakain yang baik. pakaian yang tidak menimbulkan fitnah, dan tidak menjadi sebab keburukan pandangan.

8. selalu menjaga kehormatan diri dan temannya. termasuk di dalamnya adalah teman yang senantiasa mengetahui batas sebuah hal yang mana bisa diketahui teman, mana yang tidak bisa diketahui teman.

9. tidak terlalu banyak bergurau dan meninggalkan hal-hal yang sia-sia

itulah beberapa hal yang menjadi pedoman dalam memilih teman. agar kita dapat selamat dunia dan akhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cocoki gang...apalgi itu no. 9

21 Jun
Balas

Ie kanda... bagus tong klo.menulis beginiki... bisa sebagai koreksi diri

22 Jun

terima kasih pak ilmunya, moga bermanfaat dan bisa di amalkan, salam kenal dan sukses selalu

21 Jun
Balas

Selalu berbagi saling menasihati...

22 Jun



search

New Post