Syaiful Arifin

H.Syaiful Arifin d.S.Ag.M.Pd lahir Koto Baru Tanah Datar 10 Oktober 1971 Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Padang Panjang , m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Badie -badie  Batuang Tagur 511

Badie -badie Batuang Tagur 511

Syaifularifin.gurusiana.id.kppl.kota padangpanjang. Badie bahasa Minang berarti senapan atau meriam. Batuang berarti bambu. Badie Badie batuang berarti bedil bambu/ meriam bambu.. sebuah karya anak kampung yang biasa dimainkan anak anak bakda ashar di bulan Ramadhan. Permainannya dilakukan menunggu datangnya beduk magrib.

Hore, hore meriamku meletus teriak buyuang. Pooh, Poh demikian bunyi meriamnya. Meriam bambu di buat dari beberapa ruas bambu. Biasanya diambil bambu yang telah tua yang sudah keras. Pembuatan meriam ini sangat sederhana. Diambil 5 ruas bambu lalu dilobangi dinding pembatas hingga sampai ke pangkal. Lalu dilobangi bagian atas tempat memasukka minyak tanah. Untuk menghidupkan meriam ini dengan menyulutnya dengan kai yang diberi minyak tanah.

Sungguh asyik bermain meriam bambu . Permainan tradisional . Asyik seraya menunggu waktu berbuka. Permainan biasanya dilakukan diantara dua bukit kecil. Sebagai pelurunya adalah tempurung kelapa. Di saat sumbu dihidupkan dengan api lalu di tempelkan pada lubang yang berisi minyak maka akan terdengar bunyi letusan. Bup. Bup . Tempurung akan terbang menuju lawan diseberang bukit.

Jika tempurung tidak sampai kesebrang maka ditertawakan. Bunyinya begini Ake, Ale ,ole ole bedilnya palsu. Ingat nostalgia waktu kecil. Meriam bambu palsu adalah kiasan untuk orang yang Asbun. Asal bunyi. Yang omongannya tidak dianggap. Bboleh dikata tidak menguasai substansi masalah. Akibatnya bikin orang senyum.

Pandai Sikek 02 September 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maka...bagaimana Pak?

02 Sep
Balas

Bikin orang senyum buk

02 Sep



search

New Post