Syaiful Arifin

H.Syaiful Arifin d.S.Ag.M.Pd lahir Koto Baru Tanah Datar 10 Oktober 1971 Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Padang Panjang , m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Roundown kehidupan Tagur 522

Roundown kehidupan Tagur 522

Syaifularifingurusiana.id.kppl.kots Padangpanjang.

Berbicara tentang roundown kehidupan manusia. Maka secara umum dapat disimpulkan menjadi 3 bagian besar. Pertama kelahiran , kedua menikah dan ketiga kematian. Ketiga aktifitas ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ketiganya merupakan mata rantai yang yang merupakan siklus kehidupan.

Siklus di mulai dari kelahiran. Kelahiran seorang manusia ke atas bumi ini sudah jelas. Pertama sebagai hamba Allah. Allah menciptakan jin dan manusia untuk mengabdi kepadanya. Kedua manusia di beri amanah untuk menjadi Khalifah. Sebagai seorang Khalifah manusia memikul tanggung jawab untuk mengelola bumi ini semaksimsl mungkin dibutuhkan pengetahuan.

Sebagai penguasa maka manusia memiliki otoritas dan kompetensi agar mempermudah melaksanakan tugasnya. Kompetensi itu sudah di persiapkan semenjak dari dini . Memualai ya dari pembentukan manusia. Mulai memilih jodoh yang sesuai dengan syariat Islam.

Kedua roundown manusia adalah menikah. Menikah adalah pintu untuk melanjutkan keturunan manusia. Untuk menikah ada dua orang yang melakukan perikatan . Perikatan yang dilakukan wali dengan calon suami . Dengan ijab dan Qabul menjadikan halal hubungan antara laki dan perempuan.

Pernikahan menghalalkan hubungan suami istri. Bagi wanita ada dua aurat yang dijaga. Pertama aurat ringan yang meliputi dibawah siku, diatas leher. Aurat ini boleh dibuka di rumah dan fiperlihatkan kepada mahram. Jika ada tamu yang bukan mahram ma aurat itu wajib. Ditutup. Kedua aurat berat yaitu dibawah leher dan fiatas lutut. Aurat itu hanya boleh dilihat dalam tiga keadaan. Untuk kesaksian, untukalassn kesehatan dan yang ketiga adalah disebabkan terikat suami istri.

Untuk melanjutkan keturunan yang sah . Maka harus dimulai dengan pernikahan yang sah. Pernikahan yang sah menghalalkan hubungan suami istri. Pernikahan itu salah bertujuan untuk melahirkan keturunan pelanjut keturunan..untuk mencapai tujuan perkawinan keluar ga sakinah mawadah marahmah. Maka calon suami dan istri harus di bina dan dibimbing. Kenterian Agama telah menyiapkannya dengan kelas binwin Catin.

Binwin catin mempersiapkan calon pengantin kompetensi yang lengkap. Mengetahui hukum tentang perkawinan, cara mengelola keluarga. Mulai dari aspek psikologi, ekonomi, dinamika rumah tangga. Mengetahui tatacara merwat hubungan batin ,hingga menjaga dan menjaga keturunan dengan baik. Merawat anak sehingga menjadi keturunan yang Sholeh lagi sehat.

Ketiga fase akhir kehidupan yaitu kematian.Persoalan maut sesuatu yang misteri yang belum bisa diungkapkan secara ilmu pengetahuan manusia. Bagaimana ending kehidupan masing masing manusia tidak sama. Ada meninggal cepat. Ada yang diberi umur panjang. Maka dari itu kita harus mempersiapkan diri secara baik.sulit mudahnya fase akhir kehidupan tergantung persiapan kita masing masin.

Itulah garis besar kehidupan manusia. Suatu siklus yang harus dijalani setiap manusia.

Padangpanjang, 13 September 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post