Syaiful Arifin

H.Syaiful Arifin d.S.Ag.M.Pd lahir Koto Baru Tanah Datar 10 Oktober 1971 Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Padang Panjang , m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Spirit of life Tagur 532

Spirit of life Tagur 532

Syaifularifin.gurusiana.id.kppl.kotapadangpanjang..

Spirit of life. Spirit kehidupan adalah motivasi dalam kehidupan dalam mencapai tujuan . Setiap tujuan harus dicapai secara maksimal. Spirit kehidupan dalam kehidupan manusia ada dua sisi. Ibarat dua sisi mata pisau atau dua sisi mata uang. dua sisi kehidupan itu harus bisa dilakukan secara seimbang.

Spirit kehidupan di butuhkan manusia untuk memperjuangkan dua hal. Pertama selaku hamba Allah. Kedua untuk menjadi Khalifah di permukaan bumi. Selaku hamba Allah kita butuh spirit agar posisi sebagai hamba Allah berjalan maksimal. Karena kita memang mempunyai tugas selaku hamba Allah. Tugas manusia adalah mengabdi kepada Allah.

Dalam kontek agama spirit ini dibutuhkan untuk mengokohkan hablumminallah. Membina hubungan dengan Allah dengan menjaga keimanan yang utuh. Tidak hanya membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lidah dan mengimplementasikan dalam kehidupan. Posisi yang paling berat adalah dalam ranah aplikatif. Kesesuaian antara kata dan perbuatan.

Kedua spirit kehidupan kita butuhkan untuk menjadi khalifatullah fil Ardhi. Ketika dahulu ditawarkan kepada makhluk ciptaan Allah untuk menjadi Khalifah di muka bumi. Semua makhluk menolak . Dan ketika ditawarkan kepada manusia. Amanah itu diterima . Jadilah manusia sebagai Khalifah di muka bumi .

Sebagai seorang Khalifah manusia bertugas untuk menjaga kelestarian alam. Mencegah tangan tangan jahil yang akan merusak bumi. Akan tetapi manusia banyak ya g tidak amanah. Bahkan Allah telah memperingatkan di dalam Al Qur'an. Telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena ulah manusia.

Spirit kehidupan di butuhkan untuk mengelola kedua hal di atas. Itulah sebabnya kedua berpikir positif perlu ditumbuhkan dalam diri agar hablumminaklah dan hablumminannaas terintegrasi dengan baik.

Pandai Sikek, 24 September 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post