Syaiful Rohman R

"Jika seseorang mengamalkan ilmu yang dikuasainya, maka Allah SWT akan memberi ilmu yang tidak dia ketahui". Semoga Allah SWT selalu memberi hidayah, rahmat, ka...

Selengkapnya
Navigasi Web
BimTek IKM SMA Neger1 Sampang

BimTek IKM SMA Neger1 Sampang

Sejak hari Selasa, 12 Juli 2022 s.d hari Jum’at (15 Juli 2022) telah diselenggarakan Bimbingan Teknis (BimTek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMA Negeri 1 Sampang. Kegiatan yang difasilitasi oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sampang berlangsung di ruang Multi Media SMAN 1 Sampang.

Kegiatan ini dihadiri oleh oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sampang (Bapak Ali Afandi), Pengawas Pembina SMAN 1 Sampang (Bapak Subaidi), dan Kepala SMAN 1 Sampang (Bapak Sukardi), Nara Sumber (SMAN 1 Gresik), dan Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Sampang.

Dalam kegiatan BimTek IKM ini, diawali dengan sambutan pengantar oleh Bapak Kepala SMAN 1 Sampang (Bapak Sukardi). Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa kegiatan BimTek IKM ini dilakukan untuk menyongsong penerapan kurikulum merdeka di SMAN 1 Sampang.

“Kami berharap agar semua bapak/ibu guru yang mengikuti kegiatan BimTek IKM ini bisa “meng-eksplore materi yang disampaikan oleh nara sumber, sehingga memiliki pemahaman yang sama tentang konsep kurikulum merdeka, dapat menghasilkan “produk” kurikulum merdeka, sehingga dapat menerapkan IKM (Mandiri Berubah) di SMAN 1 Sampang secara lengkap, baik dan benar,” ungkap beliau

Selanjutnya Kacabdin (Bapak Ali Afandi) menyampaikan beberapa kebijakan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sampang, antara lain: (1) Tugas utama guru adalah menyiapkan anak didik untuk kehidupan yang lebih baik pada masa yang akan datang, (2) Hal di atas adalah tanggung jawab moral yang harus selalu dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, (3) Guru harus selalu siap dengan beragam perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan, (4) Guru wajib tahu tentang Realita Pendidikan Kita (akreditasi yang administrtatif, mengejar target kurikulum, tidak ada feedback, SKM, hanya diisi pengetahuan, dan banyak ujian, banyak materi, mengejar ketuntasan materi, menyeragamkan perlakuan terhadap anak, tugas terus menerus, dan kelas yang membosankan).

“Kami berharap dengan kegiatan BimTek IKM ini, para bapak/ibu guru bisa menerapkan 3 (tiga) kata, yaitu kerjasama, imajinasi, dan kreativitas dalam pembelajaran di sekolah, guru melakukan refleksi pembelajaran, dan bisa menerapkan IKM (Mandiri Berubah) dengan baik,” jelas beliau.

Dalam kegiatan BimTek IKM ini, SMAN 1 Sampang mengundang bapak/ibu nara sumber dari SMAN 1 Gresik (Sekolah Penggerak), yaitu Bapak Mohammad Dhofir (Instruktur Nasional, Wakasek Kesiswaan), Ibu Darwati (Wakasek Kurikulum), dan Ibu Nur Cholilah (Operator Dapodik).

Dalam BimTek IKM ini, bapak/ibu menyampaikan materi secara bergantian, dengan beberapa pokok materi, yaitu (1) Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar, (2) Struktur Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, dan (3) Aplikasi Kurikulum Merdeka di Dapodik (e raport, sinkronisasi GTK dan TPP, dll).

Semoga barokah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post