Syarif Firdaus

Saya seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
LiterASI... Gerakan Mengumpulkan Air Susu Ibu?

LiterASI... Gerakan Mengumpulkan Air Susu Ibu?

Literasi bisa jadi masih menjadi bahan olok-olok bagi mereka yang tidak memahami. Mereka lupa bahwa ada ilmu penting dalam literasi. Lalu apa itu literasi? Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)." (http://literasi.jabarprov.go.id/baca-artikel-954-apa-sih-literasi-itu.html)

Mereka yang tak berminat pada dunia literasi dipastikan kemampuan dan daya membacanya kurang bahkan mungkin tidak berkualitas. Alkisah, pada saat wahyu pertama diturunkan, ketika itu Nabi Muhammad diminta untuk membaca, bacalah. Ini pesan bahwa membaca itu sangat penting. Bagaimana mungkin seseorang mengetahui perkara baik apabila dia tidak membaca hal/ilmu tentang kebaikan.

Banyak orang sukses luar biasa diatas kulit bumi ini karena memiliki kemampuan olah kata yang luar biasa, sekalipun yang mereka tulis adalah murni imajinasi. Salah satunya JK. Rawling, sebuah buku pernah menyebutkan bahwa harta kekayaan penulis ini bahkan sudah menyamai harta Ratu Inggris. Mengapa bisa? Bukunya yang laris manis "Harry Potter" sudah diterjemahkan ke banyak bahasa bahkan sudah difilmkan. Inilah yang membuat penulis ini bisa dikategorikan sebagai penulis tersukses di dunia.

Kenalkan dunia literasi sejak dini kepada anak-anak kita. Mari berkaya, mari berliterasi. Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah keren tulisannya ini. Definisi literasi dijabarkan jelas dan gamblang. Kita doakan sama-sama, agar mereka yang belum tertarik dalam dunia literasi akan segera bergabung. Dunia literasi, dunia baca tulis kunci gerbang peradaban zaman, dunia buku tempat ilmu bertumpu.

18 Nov
Balas

Terima kasih Ibu... senang bisa berbagi...

18 Nov

Semoga kita semakin mencintai literasi...

18 Nov
Balas



search

New Post