MAIFALINDA ARIS. S. PD

Maifalinda Aris, SPD ( Syifa) Penilik Paud Kota Solok Dinas Pendidikan Kota Solok Prov. Sumbar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar 3 MGI' Guru Penggerak Menjawab' Motivasiku
Tantangan hari ke 31

Webinar 3 MGI' Guru Penggerak Menjawab' Motivasiku

Media Guru Indonesia ( MGI ) kembali mengadakan kegiatan Webinar 3 dengan tema" Guru Penggerak Menjawab",. Webinar ini dilaksanakan dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan menampung 1000 peserta, Acara ini berlangsung Rabu 06 Mei 2020, pukul 09.00-11.00 WIB, ini adalah yang pertama kalinya aku ikuti walaupun ini yang pertama kalinya membuatku tak surut dalam niat dan semangatku untuk mengikutinya, berawal dari aku buka FB MGI yang sudah hampir dua bulan aku off dalam menulis , begitu pertama aku baca dan pengumuman dari Pak CEO membuatku semangat lagi untuk gabung di MGI dan aku berusaha dengan gigihnya malam terkahir untuk gabung di Webinar 3 ini, Alhamdulilah berkat yakin esok paginya aku coba untuk bergabung terus dan buka link itu aku disemangati oleh temanku yang sudah gabung juga di MGI yang sblmnya aku ajak . alhamdulillah kami kumpul bareng untuk mengikuti Webinar 3 ini.

untuk Webinar 3 ini menampilkan Bapak/Ibu Guru Penggerak yang di Pimpin oleh Bapak CEO di MGI dan Keynot Speaker adalah Dr. Praptono,M.E.d ( Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan Khusus).

Sedangkan Narasumbernya adalah Guru-guru Penggerak yaitu : Alphian Sahrudin,S.Pd,M.Pd ( Guru SD Negeri Komplek IKIP I Makasar Sul-Sel). Dia Intan Marsifa fauzia,S.Pd ( Guru SD Negeri 25 Membalong Bangka belitung). Ely Alpes Jusa,S.Pd ( Guru SMPN 1 Bandar Negeri Souh, Lampung barat). Tri Sulistini, S,Pd,M.Pd( Guru SMPN 6 Pamekasan Jatim).

Sebelum Pukul 09..00 tentu aku mempersiapkan perangkatku yang bermasalah dengan conected dr hp ku dengan semangat ku dan niat yang baik tidak menyurutkan ku untuk mundur mengikuti , akhirnya aku gabung dengan temanku Desfitri nengsih yang berada di rental komputer saat itu aku buka laptop ku kucoba terus dan buka zoom serta masuk link yang di beri pak CEO, namun tidak bisa ya akhirnya aku pake handsfree kuping sebelah masing masing kuping dengan temanku Desfitri nengsih.

Alhamdulillah aku ikuti Webeinar 3 ini dengan serius yang dibuka oleh Pak CEO Pukul 09.00 WIb Yaitu Bapak Muhamad Ihsan yang sedang menjelaskan tentang Tantangan yang sudah diikuti oleh para guru-guru di seluruh Indonesia, dan ada tiga kategori diantaranya 30, hari, 60, hari dan 90 hari bahkan baru dibuka untuk 365 hari baru baru ini , mendengar itu aku berkata pada diriku apakah aku sanggup dan mampu untuk menjalani dan melewati itu semua ?

CEO MGI yang tegas ini memaparkan bahwa guru bersama penggiat literasi Indonesia secara cepat telah tumbuh dan berkembang menjadi komunitas di Indonesia. hal ini terjadi bukan karena memiliki direktur marketing,tetapi karena diantara peserta saling menularkannya kepada teman-temannya. Setiap saat MGI terus mencetak para guru penggerak.

Pada Segmen berikutnya lebih seru lagi webinar 3 ini menghadirkan Direktur GTK Pendidikan Menengah dan Khusus Kemendikbud, yaitu Dr. Praptono,M.Ed. Mengawali pembicaraannya dengan memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh media Guru . ditamabah dengan menyangkut hubungan guru secara nasional .

Hal ini terbukti pada pagi hari ini ratusan guru bergabung dalam Webinar. Beliau juga mengucapkan Selamat Hari Pendidikan nasioanal sekaligus selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan bagi yang menjaankan dalam kondisi Lockdown, dan dalam hal ini Beliau juga menyampaikan ini bagian dari komitmen kita untuk tetap bisa menjalankan perintah Allah dan sekaligus menjalankan protokol kesehatan karena bagaimanapun kesehatan kita semuanya jauh lebih utama penting dari kegiatan kegiatan yang harus kita lakukan,

mulailah dengan pemaparan dari Dr. Praptono yang mengatakan ada 6 Karakter yang harus diterapakan pada anak didik yaitu : Berakhlak mulia,Mandiri,Bernalar,Kebhinekaan Global, Gotong royong, Kreatif. Pada kesempatan ini beliau mengatakan siapa saja bisa menjadi guru penggerak karena guru penggerak harus trampil, kreatif, dan inovatif.

Praptono menggaris bawahi tentang berbagai macam upaya kebijakan yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk menggerakan peningkatan mutu pendidikan Indionesia, yang saaat ini sedang dalam proses perubahan. Perubahan akan banyak dilakukan termasuk rekrutmen guru lebih selektif,Sistem pelatihan terus di rancang dan diterapkan salah satunya dengan menggandeng lembaga lembaga yang sudah menunjukkan prestasi baik dalam meningkatkan kompetensi dari para guru dan kepala sekolah. Praptono juga menambahakan perlunya memberdayakan potensi massyarakat, orang tua, tokoh pendidikan, perusahaan dan sebagainya. Bagaimana semuanya bisa di gandeng menjadi sebuah kekuatan sipil bersama yang akan dioptimalkan untuk memajukan pendidikan. Terakhir Beliau juga menyampakan bagaimana bisa memunculkan sekolah-sekolah penggerak disekolah-sekolah yang bisa dijadikan percontohan dan juga sekaligus untuk bisa mengajak kepada sekolah- sekolah yang lain. Menurut Praptonoada 4 pihak yang sangat menentukan keberhasilan sekolah penggerak ini Yaitu : Kepala Sekolah,guru, siswa, dan komunitas. Semuanya di dukung oleh Kemendikbud.

Pada Sesi berikutnya penyampaian motivasi presentasi dari para nara sumber, Narasumber pertama Alphian Sahrusdin,SPd,M.Pd adalah Guru SD Negeri Kompleks IKIP Makasar Sulsel . Ia menyajikan makalahnya yang berjudul ICE TIBET.

Narasumber Kedua, Tri Sulistini,S.Pd,M.Pd Guru SMPN 6 Pamekasan Jawa Timur. Ia menyampaikan pengalamannya sebagai guru penggerak di Pamekasan jawa Timur.

Narasumber ketiga, Dian Intan Marsifa Fauzia,S.Pd.SD Guru SD Negeri 25 Membalong Bangka Belitung. Judul Mkalah yang ia sampaikan adalah " Triple Action ( 3ACT )"

Narasumber keempat, Elly Alpes Jusa,S.Pd Guru SMPN 1 Bandar Negeri Suoh, lampung Barat. Ia menampilkan makalah yang berjudul " 365 hari mengabdi di Pekarangan Negeri"

Pemaparan-pemaparan yang disampaikan oleh para narasumber sangat memotivasi para penggerak literasi untuk lebih banyak menggerakkan diri karena kita memiliki inspirasi, setiap inspirasi itu membutuhkan semangat dan cara yang menyenangkan agar perang terbesar dapat dikalahkan yaitu dengan mengalahkan diri sendiri dan bergerak sebelum menggerakkan oang lain.

Demikian Reportase saya yang dapat dilaporkan pada Webinar 3 ini dalam " Guru Penggerak Menjawab" semoga bermanfaat. untuk diei sendiri, orang banyak terutama., Bagi pembaca tulisan saya ini, guru penggerak membuat motivasi diri agar mau lebih meningkatkan diri dalam berliterasi dan berinovasi dalam pendidikan untukemajukan anak anak bangsa tentunya. Hal ini untuk menjawab tantangan tantangan diera globalisasi yang akan datang sebagai guru penggerak menjawab dalam kreatif dan inovatif memajukan dunia pendidikan di Indonesia..

Reportase : MAIFALINDA ARIS, S.Pd ,SPd SD, S.Pd AUd

#Mediagurubergerakpenulistermotivasi#

# GuruPenggerakMenjawab#

#BerbagiIlmudimasaPandemiCovid19#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post