Syofni Erita

Syofni Erita Mendidik anak bangsa di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi Sumbar Sebelumnya pernah mengajar di SD N Kubu Ateh, SD N Panganak, SD N Tengah Sawah, SDN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Buang ( 28-1-2019 no.55

Jangan Buang ( 28-1-2019 no.55

Jangan Buang

Syofni Erita 28 - 1 - 2019 no. 55

Pergantian tahun berarti ada yang tinggal atau ada yang akan menjadi sampah. Salah satunya adalah kalender bekas. Ada yang berpendapat bahwa kalender bekas tidak diperlukan lagi, padahal barang bekas itu masih bisa dipergunakan. Kebiasaanku sebelum akhir tahun adalah memberi tugas kepada anak didik untuk membawa kalender yang telah habis/ bekas, namun tidak semua kalender. Kalender yang kertasnya agak tebal dan masih ada gantungannya dan kalender meja.

Kalender bekas dapat digunakan untuk media pembelajaran karena kertasnya tebal sebagai pengganti karton tebal. Hal ini dapat melatih diri untuk hidup hemat dan memanfaatkan barang bekas. Salah satunya pemanfaatan kalender dapat digunakan untuk pelajaran matematika tentang gambar pecahan dalam penanaman konsep pecahan kelas III. Kalender juga bisa kita gunakan untuk menempelkan alat peraga di kalender dan kemudian digantungkan karena ada besi penggantungnya. Hal ini sudah merupakan penerapan sikap hemat. Kalender meja bekas dapat kita gunakan untuk mencatat siswa terlambat, dapat juga kita gunakan untuk nama kelompok belajar karena ia mempunyai penegak atau disebut kakinya.

Dari itu jangan buang walaupun itu dianggap sampah, sampah banyak gunanya lho. Itu sekelumit cerita malam sebelum tidur. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalender bekas sebuah pilihan untuk membuat tugas power point bila tidak menggunakan /mempunyai laptop Kertas yg perbulan nya /lembaran kalendernya diumpamakan slide. Untuk menuju slide berikutnya tinggal kita buka

29 Jan
Balas

Ya Bunda, dapat kita manfaatkan, terima kasih sudah mampir, semoga kita bersua/bertemu di alam nyata

29 Jan



search

New Post