Syofni Erita

Syofni Erita Mendidik anak bangsa di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi Sumbar Sebelumnya pernah mengajar di SD N Kubu Ateh, SD N Panganak, SD N Tengah Sawah, SDN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Papan Tulis Jadi Incaran
Papan tulis diserbu anak-anak

Papan Tulis Jadi Incaran

Papan Tulis Jadi Incaran

Bukittinggi, 13-04-2019, Syofni Erita

Ibu guru mempunyai spidol berwarna warni : merah, hijau, hitam, dan biru. Anak-anak suka melihat tulisan ibu guru yang berwarna -warni. Bermula dari kebiasaan anak-anak, apabila ada spidol ibu guru yang terletak di kotak yang tergantung di papan tulis, maka mereka menyerbu papan tulis untuk menulis. Dengan memperhatikan kegiatan mereka, maka ibu guru menyalurkannya dengan cara membuat kesepakatan dengan mereka bahwa siapa yang datang cepat diberi kesempatan menulis di papan tulis. Pada awalnya 3 orang siswa, maka papan tulis dibagi 3 sehingga mereka bisa menulis sekali tiga. Wah, keesokan harinya, mereka datang 8 orang, maka papan dibagi delapan. Mereka menulis di papan tulis agar ibu guru dan teman-teman dapat melihat dan mengoreksi tulisan mereka. Hal ini banyak manfaatnya yaitu dapat menambah percaya diri siswa, dapat memperbaiki tulisan, bisa belajar bersama karena diperiksa secara bersama, guru dapat melihat kesalahan kebahasaan anak sehingga ibu guru bisa menjelaskan dan memperbaiki untuk bersama.

Mereka sangat senang menulis di papan tulis. Pertama menulis, tulisan mereka naik-naik ke puncak gunung, kadang-kadang menurun menuju lembah. Mereka tidak marah kalau dikatakan tulisannya mendaki, namun mereka ketawa dan ibu guru memberi motivasi bahwa kamu sedang proses belajar, maka ibu guru bilang pada mereka bahwa dulu ibu guru menulis juga mendaki saat menulis, begitulah ibu guru memotivasi mereka.Target ibu guru sebelum naik kelas 4, tulisan anak-anak bagus, rapi, indah, jelas, dan betul cara penulisannya. Tulisan mereka ada yang tulisan tegak bersambung, tulisan lepas, huruf balok, dan tulisan yang bergaya.

Semoga ini terwujud.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menginspirasi sekali bunda. Semoga siswa2nya cinta menulis dan membaca. Salam literasi...

13 Apr
Balas

Ya alhamdulillah Bunda, menyalurkan keinginannya karena kalau spidol nganggur mereka serbu Bunda. Terima kasih Bunda

14 Apr



search

New Post