Tantrie Leonita

Tantrie Leonita, S.S., M.Li lahir dan dibesarkan di kota tercinta Ibukota DKI Jakarta. Terdampar di Jember merupakan salah satu wujud nyata kecintaann...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memperbaiki Sistem Kepercayaan (1)

Oleh: tantrileo

#Tagur ke-358 (365)

Anda tentu sudah tidak asing dengan belief system, ya? Sistem kepercayaan atau yang biasa disebut dengan belief system belakangan ini memang sedang ramai dibicarakan. Tidak sedikit yang menerapkannya sebagai salah satu faktor perubahan dalam hidupnya.

Belief/ kepercayaan itu bermakna sebagai bentuk penerimaan akan kebenaran sesuatu; penerimaan oleh pikiran bahwa sesuatu adalah benar atau nyata sering kali didasari perasaan pasti yang bersifat emosional atau spiritual. Keyakinan bahwa seseorang atau sesuatu bersifat baik atau akan efektif. Belief system memiliki pengaruh dapat mengubah kenyataan.

Hal ini berkaitan erat ketika ingin mengubah pola pikir seseorang. Sebelum mengubah pola pikir manusia maka hendaknya terlebih dahulu mengubah keyakinan atau kepercayaannya (belief). Kok bisa, ya? Alasannya apa nih kira-kira? Hmmmmm ….

Menurut Piaget – bapak psikologi perkembangan kognisi mengungkapkan bahwa kepercayaan merupakan kunci utama untuk perubahan yang cepat, efektif, efisien, dan permanen. Ketika belief berubah self talk, persepsi, state, dan emosi juga akan berubah. Sebab, jika hanya mengandalkan kemampuan berpikir logis saja tidak cukup untuk sebuah perubahan diri, tetapi justru belief system memainkan peran yang sama penting atau bahkan bisa lebih penting dari pada kemampuan berpikir logis membentuk pola pikir seseorang.

Sementara itu, perubahan perilaku (behavior) dapat dilakukan dengan mengubah self talk, persepsi, state, emosi terutama belief. Hal tersebut dikuatkan oleh Bill Gould – Pakar Transformational Thingking bahwa manusia terdiri atas 3 sistem antara lain, 1) sistem perilaku (behavior system), 2) sistem berpikir (thingking system), dan 3) sistem kepercayaan (belief system).

Lalu bagaimana pendapat pakar lainnya tentang belief system? Apakah ada korelasinya? Simak besok yuk kelanjutannya!

Salam literasi ….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post