Taopik Hidayat

Guru SDN Parungponteng Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bola Voli Ekskul Unggulan SDN Parungponteng
Tantangan Hari ke 17

Bola Voli Ekskul Unggulan SDN Parungponteng

SDN Parungponteng adalah salah satu sekolah dasar yang berada di daerah perkampungan di Kecamatan Sukaresmi Cianjur. Mayoritas siswa jarak tempuh ke sekolah kurang lebih 2 sampai 3 km. Belum lagi melewati jalan yang lumayan terjal. Melihat kondisi geografis yang seperti ini, sepertinya sekolah kita bisa nenggali kemampuan siswa di bidang olahraga yang mengutamakan aspek fisik.

2009 saya datang ke sekolah ini. Terlihat di salah satu sudut ruang kantor ada sebuah bola voli. Saya lihat sepertinya tidak pernah digunakan. Dari situ mulai terpikirkan untuk mengembangkan olahraga tersebut. Sepulang sekolah iseng-iseng sering melatih passing,service, dan juga smash. Seringkali kita melakukannya ketika jam istirahat sekolah.

Tahun pertama kita mengikuti o2sn olahraga voli kita mencapai babak 8 besar voli putra, sedangkan yang putri kalau tidak salah hanya 16 besar. Tahun kedua kita mengirimkan tim bola voli, alhamdulillah putra dan putri masuk semi final. Lumayanlah untuk sekolah yang tidak memiliki guru olahraga khusus, hanya pernah menjadi bagian tim voli SMP dan SMA sebagai setter. Lumayanlah ada bekal melatih anak bermain voli.

Tahun ke tiga keikutsertaan kita di bidang voli ada progres kemajuan. Tim putri juara pertama, sementara tim putra menjadi juara ke dua. Dua tahun terakhir alhamdulillah tim bola voli kita selalu juara di kecamatan baik putra maupun putri. Menjadi duta kecamatan ke tingkat Kabupaten. Hanya di kabupaten kita sering kalah. Setelah dievaluasi kekalahan kita disebabkan oleh perbedaan fisik. Lawan rata-rata memiliki postur tubuh lebih tinggi besar dibandingkan kita

Tidak ada resep khusus dalam berlatih. Kami selalu latihan ketika waktu istirahat. Ini dilaksanakan secara konsisten. Anak-anak sudah mengerti lagi, walaupun tidak didampingi oleh guru mereka tetap latihan. Sekarang kami mulai membina siswa kelas 2,3,4. Dengan harapan dikelas 4 atau kelas 5 sudah matang. Mempertahankan lebih berat dariada meraihnya. Mudah-mudahan akan ada pemain profesional yang lahir dari sekolah kami. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post