Sutarti_Grobogan

Sutarti, S.Pd.SD, Kepala Sekolah SD N 1 Krangganharjo Toroh Grobogan Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari ini Berbagi Karya, Esok Hari Tuai Berkah

Hari ini Berbagi Karya, Esok Hari Tuai Berkah

Lomba Bulan Februari

//

Hari ini Berbagi Karya, Esok Hari Tuai Berkah

Karya : Sutarti

Berbagi merupakan hal yang baik dalam hidup ini dan itu tidaklah mudah. Apalagi membagikan apa yang kita punya ke individu dan bahkan sekelompok orang. Berharap suatu saat nanti akan mendapatkan keberkahan. Dalam menjalaninya maka kita wajib melaksanakan hal tersebut dengan hati yang tulus dan Ikhlas.

Jelang bulan penuh berkah ini marilah kita senantiasa berbuat baik terhadap sesama. Bukan berarti selama ini kita tidak berbuat baik lho! Namun, ada hal yang memang wajib kita renungkan dan refleksikan tentang semua hal yang sudah terjadi. Dalam dunia Pendidikan saat ini semua serba online dan yang lagi ramai alias viral adalah pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Tahun 2024 menjadi langkah awal bahwa guru dan Kepala Sekolah harus melek IT. Buat yang generasi tua mungkin ini akan menjadi masalah, namun buat generasi muda hal ini mungkin menjadi salah satu yang menyenangkan. Perlunya kolaborasi antar rekan sejawat inilah yang nantinya harus jadi patokan. Yang muda membagikan ilmu ke yang tua, pastinya yang berhubungan dengan kegiatan daring/online.

Sebagai penulis yang sering menyibukkan diri dengan aplikasi PMM, mungkin membuat hati ini menjadi lebih nyaman dan senang dengan kondisi seperti ini. Dulu, di saat pendidik/guru masih malas membuka dan mengerjakan pelatihan mandiri di PMM, penulis sudah berusaha melakukannya dengan membuka tiap hari serta mengerjakannya. Alhasil seperti kata pepatah, “Siapa yang menabur benih pasti akan menuai hasil”.

Seperti yang telah ada di PMM, kita sebagai pendidik bisa melakukan apapun di sana. Upload bukti karya, mengikuti pelatihan mandiri, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang membuat guru menjadi jauh lebih aktif lagi. Melalui kegiatan berbagi baii ke komunitas/kelompok kerja guru merupakan salah satu cara meluangkan waktu.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh penulis adalah berbagi praktik baik dalam kegiatan-kegiatan guru yakni persiapan observasi pembelajaran dan masih banyak hal lainnya. Dengan berbekal apa yang dipunya dan tujuan berbagi saya yakin semua akan dalam kondisi baik-baik saja dan menjadikan berkah yang luar biasa.

Komunitas belajar terbentuk hingga mampu membuat kegiatan sampai mampu membuat sertifikat kegiatan merupakan salah satu kegiatan yang baik dan bermanfaat untuk semuanya. Jelang ramadan ini marilah kita berlomba-lomba menanam apa yang kita tahu untuk bis akita panen di esok hari.

Dalam bulan penuh berkah nanti kita harus senantiasa melakukan hal yang baik. Terus bermanfaat untuk orang lain, bisa mengajak untuk belajar menulis bersama, membuat buku berkelompok, misalnya seperti itu. Kegiatan yang bermanfaat pasti nantinya akan tuai berkah. Allah tidak akan tidur jika melihat umat-Nya melakukan hal baik. Terus berbagi baik sekarang ataupun nanti ketika bulan ramadan.

Semangat untuk Ibu dan Bapak guru serta Kepala Sekolah semuanya. Tetap berbagi walaupun dalam kondisi seperti ini. Hari ini kita menabur benih, esok hari pasti akan menuai hasil.

Profil Penulis

Sutarti, S.Pd.SD, Lahir di Grobogan dan saat ini bertugas di SD Negeri 1 Krangganharjo, Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Penulis telah menghasilkan 24 buku karya mandiri dan antologi. Saat ini menjadi pengurus aktif di Asosiasi Guru Penulis Grobogan (AGPG). Sebuah organisasi yang membersamai para penulis di Kabupaten Grobogan untuk menghasilkan karya.

Penulis bisa dihubungi WA. 085727099677. Alamat email: [email protected] . FB. Tatiex_tweet.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post