Taty Rahayu

Nama Taty Rahayuningsih, lahir di Banyumas 6 Januari 1969. Saat ini bekerja sebagai Pengawas Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor propinsi Jawa Barat. Ho...

Selengkapnya
Navigasi Web
(170) KISAH
17 september 2020

(170) KISAH

3. CLEOPATRA

Nama Cleopatra menjadi ikon atau simbol dari kecantikan Mesir. Menurut cerita, Cleopatra merupakan Ratu Mesir Kuno terakhir yang konon memiliki kecantikan yang dapat memikat hati para lelaki yang melihatnya. Kisah kehidupannya juga sangat menarik. Perebutan kekuasaan hingga percintaannya yang rumit menghiasi hidupnya. Bagaimana tidak, kecantikan dari Cleopatra ini bahkan memikat hati kaisar Romawi paling terkenal di dunia yakni Julius Caesar hingga Mark Antony

Nama lengkap Cleopatra VII Philopator dilahirkan pada bulan Januari 69 SM dan wafat pada tanggal 12 Agustus 30 SM. Tetapi perlu diketahui bahwa Cleopatra berdarah Yunani, bukan keturunan Mesir. Ia dilahirkan pada awal tahun 69 Sm, anak ke-3 dari 6 orang dan lahir di kalangan Dinasti Ptolemaik Yunani yang menguasai Mesir.

Asal usul nama Cleopatra tidak dapat dipisahkan dari sejarah Yunani karena ia adalah saudara kandung Iskandar Agung seorang raja termashur dari Macedonia. ayah mereka bernama Antiochus III seorang Raja Yunani. Cleopatra menikah dengan Ptolemeus V raja mesir yang memerintah pada tahun 193SM, kemudian nama Cleoptara dijadikan nama resmi oleh beberapa Ratu dan putri keturunan Dinasti Ptolemeus.

Dalam perjalanan sejarah Mesir dibawah pemerintahan Dinasti Ptolemeus, yang paling terkenal adalah Cleopatra ke VII yang lahir pada tahun 69SM.ia putri Raja Ptolemeus XII dan mempunyai saudara laki-laki Ptolemeus XIII dan XIV. ketika Cleopatra berusia 18 tahun ayahnya wafat, atas kesepakatan bersama maka Mesir dipimpin oleh tiga bersaudara tersebut. Menurut adat istiadat Mesir perkawinan sesama saudara harus dilakukan untuk menjaga kemurniaan darah kerajaan. Maka kleopatra VII menikah dengan Ptolemeus XIII yang juga saudara laki-lakinya sendiri.

Kecantikan Cleopatra membuat banyak kaum pria yang mengaguminya termasuk raja Romawi Yulius Caesar dan Raja Anthony.Sebagai keturunan kerajaan Cleopatra tidak sulit untuk memperoleh pendidikan tinggi. Ia pun mampu menguasai beberapa bahasa termasuk Mesir yang pada waktu itu terhitung tak seorangpun dari keluarganya yang mampu berbahasa Mesir. Cleopatra menunjukan perhatiannya yang mendalam terutama dalam menentukan kebijakan politik atau dalam menegakan keadilan. ketaatan beragama sangat mempengaruhi sikap hidupnya sehingga kepercayaan dan upacara-upacara keagamaan orang Mesir tercermin dalam kehidupannya.

Ambisi kleopatra adalah memperkuat kedudukan keturunan dinastinya dalam memerintah Mesir dan ikut mengambil bagian dalam percaturan kekuasaan di pusat kerajaan romawi.untuk menentukan kedudukannya sebagai wanita yang mempunyai pengaruh dalam politik luar negeri telah terbukti kebenarannya ketika menghadapi musuhnya dari Romawi,ia tak sedikitpun merasa gentar dan takut.

Waktu itu kekuatan raja-raja di Romawi telah menunjukan kejayannya.sebagai negara besar di Romawi. Pada suatu peperangan di Iskandaria, Yulius Caesar bertemu Cleoparta. Pertemuan tersebut membuat Yulius Caesar yang waktu itu berusia 50 tahun jatuh cinta dengan kecantikan Cleoparta yang masih berusia 30 tahun. Akhirnya Yulius Caesar menikahi Cleoparta dan mempunyai seorang anak dari Yulius Caesar yaitu Ptolemeus caesar.

Yulius caesar terbunuh pada bulan maret tahun 44 SM, dua orang pewaris Yulius caesar kemudian saling bersaing yaitu Mark Anthonius,dan Oktavianus agustus. Cleopatra harus memilih salah satu dari mereka sebagai sekutu. akhirnya Cleopatra memilih Anthonius pria yang menurutnya tidak bisa dikalahkan.dengan modal kekayaan dan kemewahan ia memperdayai Anthonius,kemudian mereka berhubungan sangat erat sehingga Cleopatra melahirkan anak kembar dari Anthonius yang diberinama Alexander Helious dan Cleopatra Selence.kali ini pilihan Cleopatra terhadap Antonius kurang tepat karena ternyata Antonius dapat dikalahkan oleh Agustus.

Tahun 32 SM Agustus berhasil menduduki Iskandaria.kemudian Anthonius bunuh diri dengan pedangnya demi terhindar hukuman mati bagi orang yang kalah perang. Menurut Legenda romantis sebelum Anthonius mati bunuh diri ia sempat bertemu dengan Cleopatra.keduanya sepakat untuk bunuh diri dalam waktu yang berlainan. ketika Anthonius mati maka Cleopatra mengakhiri hidupnya dengan menekan ular Kobra ke dadanya pada tahun 3O SM.

@ps_kisah_2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

17 Sep
Balas

Untuk referensi guru IPS

17 Sep



search

New Post