Taty Rahayu

Nama Taty Rahayuningsih, lahir di Banyumas 6 Januari 1969. Saat ini bekerja sebagai Pengawas Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor propinsi Jawa Barat. Ho...

Selengkapnya
Navigasi Web
(178) KISAH
25 SEPTEMBER 2020

(178) KISAH

10. AUNG SAN SUU KYI

Suu Kyi merupakan putri bungsu dari Jenderal Aung San dan lahir di Rangoon pada 19 Juni 1945. Jenderal Aung merupakan salah satu orang yang terlibat dalam proses negosiasi kemerdekaan Myanmar dari Kerajaan Inggris pada tahun 1947 lalu. Suu Kyi belajar di Sekolah Dasar di Rangoon, sebelum belajar di India (lulus dari New Delhi University, 1964) dan St Hugh’s College, Oxford University (1968). Setelah Universitas Oxford, ia bekerja untuk PBB selama tiga tahun. Pada tahun 1972 ia menikah dengan Michael Aris yang tinggal di Bhutan – mereka memiliki dua anak.

Aung San Suu Kyi, adalah seorang aktivis pro-demokrasi dan pemimpin Liga Nasional untuk Demokrasi di Burma. Pada tahun 1989, ia ditempatkan di bawah tahanan rumah oleh junta militer. Selama hampir 21 tahun (1989-2010) ia ditahan di bawah tahanan rumah. Di bawah tahanan rumah, ia menghabiskan waktu mempelajari Buddhisme dan aktivisme politik dan tetap populer di kalangan mereka yang mendukung cita-cita demokrasi di Myanmar.

Pada tahun 2010, ia dibebaskan dari tahanan rumah dan berkeliling dunia berbicara untuk demokrasi di Burma. Pada musim panas 2012, ia menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Oxford. (Aung San Suu Kyi mempelajari PPE di St Hugh’s College, Oxford University)

Tahun 2012 tepatnya bulan 2 Mei, ia terpilih ke Parlemen Nasional dengan anggota parlemen Demokrat lainnya. Pada 2015, partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi meraih kemenangan besar, meskipun ia tidak memenuhi syarat untuk menjadi Presiden (karena ketentuan yang mencegah janda dan ibu orang asing). Ia mengklaim akan memegang kekuasaan nyata dalam pemerintahan baru. Presiden, Htin Kyaw, menciptakan peran baru baginya – posisi Penasihat Negara pada 1 April 2016. Ini memungkinkannya untuk mengambil posisi dominan dalam pemerintahan.

Pada Desember 2016, PBB mengecam keras pemerintah Myanmar karena perlakuannya yang buruk terhadap orang-orang Rohingya, dan menyebut pendekatannya “tidak berperasaan” dan memperingatkan kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan. PBB meminta Aung San Suu Kyi untuk mengakhiri kebisuannya dan membela minoritas Rohingya yang tertindas.

Pada pidato politiknya Aung Suu Kyi berkata: “Kami memiliki keyakinan pada kekuatan untuk mengubah apa yang perlu diubah tetapi kami tidak berada dalam ilusi bahwa transisi dari kediktatoran ke demokrasi liberal akan mudah, atau bahwa pemerintahan yang demokratis akan berarti akhir dari semua masalah kita.”

Untuk protesnya yang berprinsip, tanpa kekerasan terhadap militer dan dukungan untuk prinsip-prinsip demokrasi, ia dipuji oleh banyak kelompok hak asasi manusia dan badan-badan berpengaruh di seluruh dunia. Suu Kyi memenangkan Hadiah Rafto dan Hadiah Sakharov untuk Kebebasan Berpikir pada tahun 1990 dan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991. Pada tahun 1992, ia dianugerahi hadiah perdamaian Jawaharlal Nehru oleh Pemerintah India untuk perjuangan damai dan tanpa kekerasan di bawah kediktatoran militer.

Ia sering disebut Daw Aung San Suu Kyi; Daw bukan bagian dari namanya, tetapi kehormatan yang mirip dengan nyonya untuk wanita yang lebih tua, yang dihormati, secara harfiah berarti “bibi”. Sebenarnya, nama yang diberikannya setara dengan nama lengkapnya, tetapi dapat diterima untuk menyebutnya sebagai “Ms. Suu Kyi ”atau Dr. Suu Kyi, karena suku kata itu berfungsi untuk membedakannya dari ayahnya, Jenderal Aung San, yang dianggap sebagai bapak Burma modern.

@dikutip dari berbagai sumber

@ps_kisah_2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post