TAUFIK AKBAR HASIBUAN

Guru Alif alif adalah sebutan untuk para guru yang mengajari baca Tulis Alquran. Belajar untuk terus menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Saat ini akti...

Selengkapnya
Navigasi Web
Khutbah Jum'at Pertama Hagia Shopiah Turki.
Hagie Shopia

Khutbah Jum'at Pertama Hagia Shopiah Turki.

Transkrip Lengkap Khutbah Jumat Perdana

MASJID HAGIA SOPHIA

|Kepala Direktorat Urusan Agama Turki | Ali Erbas |

Umat Muslim yang Mulia!

Semoga berkah dan pertolongan Allah serta kedamaian dari Hari Jumat terlimpah curah bagi Anda sekalian.

Di waktu yang diberkahi ini, di tempat suci ini, kita menyaksikan sebuah momen bersejarah.

Pada hari ketiga dari bulan Dzulhijjah ini, Masjid Hagia Sophia berkumpul dengan jamaahnya menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan datang.

Kerinduan bangsa kita, yang telah berubah menjadi rasa yang menyayat hati, akan segera berakhir hari ini.

Syukur dan puji yang tiada habisnya untuk Allah SWT.

Hari ini adalah hari ketika kumandang takbir, tahlil, dan shalawat bergema kembali di bawah kubah Hagia Sophia, dan adzan menyerukan sholat kembali berkumandang dari menara-menara masjidnya.

Hari ini kita mengalami hari yang mirip dengan ketika 16 muadzin menggemakan suara Allahu Akbar di sekitar bangunan dari 16 menara balkon di Masjid Biru (Masjid Sultan Ahmed), tepat di seberang kita, 70 tahun yang lalu, dan penyatuan kembali masjid kita dengan adzan setelah 18 tahun lamanya terpisah.

Hari ini adalah hari ketika orang-orang beriman berdiri untuk beribadah dalam air mata, membungkuk untuk ruku dalam damai, dan sujud dalam ungkapan rasa syukur.

Hari ini adalah hari kemuliaan dan tawadhu (kerendahan hati).

Syukur dan puji yang tiada habisnya kepada Allah yang memungkinkan kita untuk memiliki hari yang terhormat seperti hari ini, untuk berkumpul di masjid sebagai tempat paling suci di bumi, dan untuk muncul di hadapan Allah di Hagia Sophia yang Agung ini.

Shalawat dan salam bagi Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kabar baik tentang penaklukan Konstantinopel dengan mengatakan, "Suatu hari Konstantinopel akan ditaklukkan. Saat itu, komandan (pemimpin) yang menaklukannya adalah sebaik-baiknya komandan, dan tentaranya adalah sebaik-baik tentara."

Salam keselamatan kepada arsitek spiritual Istanbul, yang menapaki jalan untuk menjadi orang yang mencapai kegembiraan ini, Abu Ayyub al-Ansari khususnya, para sahabat Nabi SAW, dan mereka yang mengikuti jejak langkah mereka.

Salam kepada Sultan Alparslan, yang membuka gerbang Anatolia bagi bangsa kita dengan keyakinan bahwa penaklukan tidak berarti menyerang tetapi menjadikannya makmur, dan berarti membangun daripada menghancurkan; kepada para syuhada dan veteran (pejuang) kami yang telah menjadikan Istanbul tanah air kami dan mempercayakannya kepada kami; dan semua sultan dari jantung Istanbul yang telah membentuk kembali wilayah kita dengan keimanan.

Salam kepada Akshamsaddin, cendekiawan bijak yang menyulam cinta dari penaklukan di jantung kota Sultan Mehmed dan memimpin shalat Jumat pertama di Hagia Sophia pada 1 Juni 1453.

Salam kepada penguasa muda dan gigih itu, Mehmed Sang Penakluk (Fatih Sultan Mehmed, Semoga Allah memasukkannya ke syurga), yang mengikatkan hati pada ayat "Dan ketika Anda telah memutuskan, maka bergantunglah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bersandar kepada-Nya."

Seorang yang jenius di bidang sejarah, sastra, ilmu pengetahuan, dan seni; menghasilkan teknologi paling maju di zamannya dan membuat kapal-kapal bergerak di darat; menaklukkan Istanbul dengan izin dan bantuan Allah; dan kemudian tidak mengizinkan siapa pun untuk membuat kerusakan sekecil apapun bahkan sebesar kerikil di kota mulia ini.

Salam kepada bapak arsitektur, seniman besar, Sinan sang Arsitek, yang merenovasi Hagia Sophia dengan menara dan memperkuatnya sehingga bertahan selama berabad-abad.

Salam bagi semua saudara dan saudari kita di seluruh penjuru dunia yang telah merindukan dan merayakan dengan gembira pembukaan kembali Hagia Sophia untuk beribadah.

Salam kepada orang-orang terkemuka kami yang telah mengusahakan hati dan jiwa mereka, dari masa lalu hingga sekarang, untuk memastikan bahwa Hagia Sophia menggemakan adzan, iqamat, wa'z, khutbah, sholat, pembacaan Alquran, kegiatan ilmiah, dan berkumpulnya jamaah besar yang memiliki tempat mereka dalam barisan-barisan ini.

Salam kepada orang-orang terpelajar dan intelektual kami dan para pemimpin terkemuka yang penuh dengan kebijaksanaan dan kebajikan yang menggambarkan Hagia Sophia sebagai 'ruang spiritualitas dan permata di rumah kami sendiri' dan menanamkan harapan serta kesabaran dalam hati dan pikiran dengan mengatakan, "Hagia Sophia pasti akan dibuka kembali! Tunggu, wahai anak muda, tunggu! Biarkan belas kasihan turun lagi. Biarkan banjir datang hanya setelah setiap hujan.

Apa lagi yang saya inginkan selain menjadi rami jerami dalam aliran banjir itu!

Hagia sophia akan dibuka kembali seperti sebuah buku tua tercinta! Semoga rahmat Allah atas mereka semua.

*****

Hai orang-orang yang beriman,

Hagia Sophia, dengan usianya lebih dari 15 abad, adalah salah satu tempat ibadah, pengetahuan, dan kebijaksanaan paling berharga dalam sejarah umat manusia.

Tempat ibadah kuno ini adalah ekspresi keagungan dan ketundukan yang luar biasa kepada Allah, Tuhan semesta alam.

Sultan Mehmed Sang Penakluk menganugerahkan dan mempercayakan tempat ibadah yang luar biasa ini sebagai segala-galanya kepada orang-orang beriman dengan syarat bahwa itu harus tetap menjadi masjid sampai hari terakhir.

Setiap properti yang diberikan tidak dapat diganggu gugat dalam keyakinan kaki dan membakar siapapun yang menyentuhnya; Piagam penganugerah sangat diperlukan dan siapapun yan melanggarnya dikecam.

Karena itu, sejak hari itu hingga saat ini, Hagia Shopia telah menjadi tempat perlindungan tidak hanya negara kita, tetapi juga umat Nabi Muhmmad.

Hagia Sophia adalah tempat dari mana rahmat Islam yang tak terbatas sekali lagi dinyatakan ke seluruh dunia.

Mehmed Sang Penakluk berkata kepada orang-orang yang berlindung di Hagia Sophia setelah penaklukan dan menunggu dengan cemas apa yang akan terjadi pada mereka, "Mulai saat ini, jangan takut untuk kebebasan dan hidupmu!

Tidak ada properti seseorang yang akan dijarah, tidak ada orang yang akan ditindas, dan tidak ada orang yang akan dihukum karena agama mereka." dan bertindak sesuai.

Karena alasan inilah Hagia Sophia adalah simbol penghormatan terhadap kepercayaan dan moralitas koeksistensi.

Muslim yang dikasihi!

Pembukaan kembali Hagia Sophia untuk beribadah adalah kebutuhan dari kesetiaan terhadap akumulasi historisnya.

Ini adalah kembalinya tempat suci, yang telah dikenal para penganut agama selama lima abad, ke fungsi aslinya.

Pembukaan kembali Hagia Sophia untuk beribadah adalah bukti bahwa peradaban Islam, fondasinya adalah tauhid, blok bangunannya merupakan pengetahuan, dan semennya adalah kebajikan, yang terus meningkat terlepas dari semua kelemahan.

Pembukaan kembali Hagia Sophia untuk beribadah berarti bahwa semua masjid yang menyedihkan, pertama dan terutama Masjid al-Aqsa, dan orang-orang yang tertindas di bumi dapat memperoleh dukungan garis hidup.

Pembukaan kembali Hagia Sophia untuk beribadah adalah tekad bangsa kita yang mulia, yang memegang iman dan cinta tanah air di atas segalanya, untuk membangun masa depan yang kuat dengan kekuatan spiritual yang diturunkan dari para leluhur.

*****

Hai orang-orang yang beriman,

Masjid-masjid kami adalah sumber persatuan, persahabatan, persaudaraan, keimanan dan ketenangan kita dalam peradaban kita.

Allah Yang Mahakuasa (swt) menyatakan tentang mereka yang membangun dan memelihara masjid, "Masjid-masjid Allah hanya untuk dipertahankan oleh mereka yang beriman pada Allah dan Hari Akhir dan mendirikan sholat dan memberikan zakat dan tidak takut kecuali kepada Allah, karena berharap bahwa mereka akan dibimbing secara benar.

Saudara dan saudari yang terkasih!

Apa yang bisa lebih mengecewakan daripada sebuah masjid, minaret-menara yang sunyi, mimbar yang sepi, kubah yang bisu dan taman yang sepi?

Karena permusuhan terhadap Islam yang meningkat setiap hari, ada masjid di berbagai belahan dunia saat ini yang diserang, ditutup dengan kekerasan, dan bahkan dibom dan dihancurkan. Ratusan juta Muslim menghadapi penindasan.

Saya ingin menunjukkan kepada Mehmed Sang Penakluk tentang sikap Hagia Sophia yang handal ini lima abad yang lalu sebagai contoh bagi dunia dan menyerukan kepada seluruh umat manusia untuk mengatakan "Hentikan!" untuk wacana anti-Islamis seperti itu, tindakan, dan segala jenis penindasan.

Saudara dan saudari yang terkasih!

Kita sebagai orang beriman yang menganggap makna Hagia Sophia sebagai tujuan mulia dan kepercayaan yang sakral, perlu bekerja untuk memastikan bahwa belas kasih, toleransi, kedamaian, ketenangan, dan kebajikan berlaku di seluruh dunia.

Inilah alasan mengapa Nabi Islam (SAW) dan nabi-nabi lainnya diutus, yang berarti kedamaian, keselamatan, dan salam.

Jadi, yang perlu kita lakukan adalah bekerja siang dan malam untuk memastikan bahwa kebajikan, kebenaran, dan keadilan mendominasi dunia.

Kita harus menjadi harapan untuk keselamatan umat manusia yang berada dalam pusaran masalah besar.

Kita perlu mempertahankan keadilan dalam wilayah geografis yang dikelilingi oleh penindasan, ketidakadilan, air mata, dan keputusasaan.

Kita perlu memperhatikan seruan, "Wahai Muslim! Pahami, jalani, dan sebarkan Islam dengan benar dan semestinya sehingga siapa pun yang datang untuk membunuh Anda harus bangkit untuk hidup karena Anda!"

Kami percaya bahwa "semua orang adalah saudara laki-laki dan perempuan dalam agama atau setara dalam penciptaan", seperti yang diungkapkan oleh Ali (ra).

Kami percaya bahwa bumi adalah rumah kita bersama. Kami percaya bahwa semua anggota tanah air ini, tanpa memandang agama, etnis, warna kulit, atau negara, memiliki hak untuk hidup bebas dan manusiawi dalam keselamatan dalam kerangka nilai-nilai universal dan prinsip-prinsip moral.

Di bawah kubah Hagia Sophia, kami menyerukan kepada semua umat manusia untuk menegakkan keadilan, kedamaian, belas kasih, dan kebenaran.

Kami menyerukan untuk mempertahankan nilai-nilai universal dan prinsip-prinsip moral yang melindungi martabat manusia dan menjadikan kita makhluk yang paling terhormat.

Sebagai pengikut agama yang Utuh dan Benar yang menyatakan bahwa kehidupan setiap orang tanpa memandang jenis kelamin dan usia tidak dapat diganggu gugat, kami menyerukan kepada umat manusia untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam melindungi kehidupan, agama, akal, properti, dan generasi dari semua orang.

Hal itu karena hari ini kita perlu lebih dari sebelumnya untuk menyatukan hati kita dengan disposisi kita, akal kita dengan hati nurani kita, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

Saya menyimpulkan khutbah bersejarah ini, saya ingin menyerukan ke seluruh dunia dari tempat terhormat ini.

Wahai manusia!

Pintu Masjid Hagia Sophia akan terbuka untuk semua hamba Allah tanpa diskriminasi, sama seperti pintu Masjid Suleymaniye, Masjid Selimiye, Masjid Sultan Ahmed, dan masjid-masjid lain milik kita.

Perjalanan menuju keimanan, ibadah, sejarah, dan kontemplasi dalam suasana spiritual Masjid Hagia Sophia akan berlanjut tanpa henti Insya Allah.

Semoga Allah yang Maha Kuasa memungkinkan kita untuk melindungi Masjid Hagia Sophia dengan sepatutnya, masjid yang memiliki tempat khusus dalam sejarah kita yang mulia dan nilai yang luar biasa di hati kita.

Semoga Allah (swt) memberkahi kita dengan kemuliaan dengan memuliakan masjid seperti Hagia Sophia yang merupakan sumber yang luar biasa.

Semoga Allah (swt) khususnya memberikan pahala (kehormatan) kepada Yang Mulia dan semua otoritas yang melakukan upaya dalam melindungi budaya dan identitas kita, dan semua orang berdoa dan berbagi kebahagiaan kita hari ini, seperti halnya orang-orang yang Allah cintai dan senangi.

*****

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak....

27 Jul
Balas

Terima kasih bu

27 Jul



search

New Post