TAUFIK AKBAR HASIBUAN

Guru Alif alif adalah sebutan untuk para guru yang mengajari baca Tulis Alquran. Belajar untuk terus menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Saat ini akti...

Selengkapnya
Navigasi Web
Masjid Dari Sisi Lain
Masjid Multifungsi

Masjid Dari Sisi Lain

Masjid Dari Sisi Lain

Selain tempat Ibadah, Masjid harus menjadi tempat menggali Ilmu. Sebagai mana dahulu difungsikan oleh Nabi saat membangun Masjid Nabawi di Kota Madinah. Masjid menjadi basis pertahanan, pembangunan, dan perencanaan masa depan Kota Madinah. Sehingga Masjid selalu ramai oleh kegiatan kegiatan yang membangun pradaban umat manusia kala itu.

Saat ini, Masjidil Haram, Masjidin Nabawi, juga menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan. Meskipun dengan non formal, pendidikan masih terus berjalan. Hanya saja tidak lagi digunakan sebagai basis pemerintahan. Diberbagai Negara Fungsi masjid juga digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahun. Dan juga kegiatan keagamaan lainnya.

Di kabupaten Kami, saat ini Masjid Agung Almunawaroh juga sudah mulai dikembangkan sebagai pusat pradaban. Berbagai evant keagamaan, sudah mulai dilaksanakan disana. Dan juga kegiatan pemerintahan sudah mulai dilaksanakan disana. Tentunya kita berbangga diri, jika fungsi Masjid sudah mulai dikembangkan sebagai pusat pengembangan pradaban manusia di Kabupaten Padang Lawas.

Ada hal yang menarik dari salah satu masjid yang berada diperkampungan, yang sudah penulis kunjungi. Yakni Masjid AlIkhlas di Desa Pamuttaran Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara (Mungkin Juga ada didaerah lain). Yakni Perpustakaan Masjid, yang menyediakan berbagai buku bacaan, mulai dari Pertanian, Peternakan, perkebunan, Perikanan, Perdagangan, sosial, politik, sudah pasti Buku buku agama.

Hal ini yang memotivasi penulis, untuk membangun Masjid yang namanya sama (gambar bawah). Masjid yang menyediakan perpustakaan dengan konsep modren, menyediakan buku bacaan (klasik) dan juga Modren (Buku Digital). Tentunya hal ini tidak akan terwujud tanpa bantuan materil dan non materi dari para dermawan dimana saja berada.

Ditambah lagi, masjid kami yang tidak berada dijalan lintas. Masyarakat yang masih berada pada ekonomi menengah kebawah, sehingga pembangunan yang direncanakan sejak tahun 2012 berjalan seperti siput. Jika anda berkenan membantu ide gagasan kami ini, tentunya kami sangat berbesar hati dan berterima kasih. Semoga saja tulisan ini sampai pada mereka yang ikhlas dan mau memajukan Ummat ini.

Menurut anda apakah Perpustakaan Cocok disetiap Masjid?

Keterangan Foto

(1. Masjid Jami" Al Ikhlas Pamuttaran

2. Masjid Alikhlas Lingkungan IV Desa Pasar Binanga)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak

11 Jun
Balas

Terima kasih bu

11 Jun



search

New Post