Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web
Isyarat Bagi yang Patah Hati

Isyarat Bagi yang Patah Hati

Isyarat Bagi Yang Patah Hati

Kita batasi terlebih dahulu bahwa patah hati bukan monopoli muda mudi saja. Ia adalah istilah yang kita sepakati bersama sebagai simbol ungkap bagi perasaan diabaikan, ditinggalkan dan disia-siakan.

Patah hati terbesar dalam perspektif manusia kebanyakan adalah patah hati pada dunia. Banyak diantara kita yang melekatkan hatinya pada dunia, pada perhiasan dan kemolekannya. Bahkan bisa saja, menjauhinya pun bisa jadi karena patah hati juga, hingga muncul eskapisme ruhani.

Memang, dunia dengan segenap kesenangan dan perhiasannya telah memenjarakan keinginan dan mimpi setiap orang. Tapi dunia tetap mesti dilampaui apakah kita senang atau tidak. Dan kita bisa memilih untuk tidak patah hati padanya, sebab bisa saja kita kehilangan nafas bila berada di balik jubahnya.

Adapun patah hati dalam hubungan kasih dan asmara, atau interaksi sosial lainnya, hanyalah bagian dari benang hias dunia tadi. Setiap kita memiliki bayangan sendiri. Benci, cemburu, dendam, luka, amarah dan cinta mesti diracik dalam ramuan pengertian dan kesadaran murni. Ramuan itu mestilah menghasilkan makna baru dan harapan yang baru pula.

Kelalaian kita dalam merespon dan memaknai realitas (dan yang tersembunyi di balik realitas yang tampak) akan berdampak pada seberapa besar patah hati itu dirasakan.

Sesungguhnya bagi yang mengambil hikmah, kepatah-hatian itu bisa saja menjadi sarana untuk bertumbuh dan menjadi lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yes...Stop patah hati terhadap dunia .....

20 Jul
Balas

He he.tks dah mampir.

20 Jul



search

New Post