Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web
Perjalanan dan Penderitaan
Aurora Badai Matahari,CNN

Perjalanan dan Penderitaan

Perjalanan dan penderitaan

Setiap kita memaknai perjalanan dan penderitaan dengan berbeda. Apakah karena nilai normatif atau subjektifitas tertentu, itu yang membedakan.

Para penempuh dan pencari, pada awalnya masih tersilau oleh gemerlap bahagia dan kegembiraan yang bendawi. Secara bertahap mereka menemukan makna baru bahwa, penderitaan dalam perjalanan, atau perjalanan itu sendiri, memiliki makna yang otonom. Sampai akhirnya dipahami, bukan diketahui, bahwa penderitaan adalah kegembiraan yang tersembunyi, yang terselubung dibalik pencarian diri sendiri.

Perjalanan menjadi dua sisi sungai yang tidak mungkin dipisahkan: itulah derita dan gembira.itulah lapang dan sempit. Perjalanan dan penderitaan tidak mesti mengisahkan kesedihan dan kepahitan. Kandungannya tergantung cara kita mengambil saripati makna.

Seperti cara kita menggunakan jeruk purut yang sangat asam: sang bijak, mungkin bersabar akannya dan menjadikannya kompos, atau langsung mengolahnya menjadi sajian jus, atau manisan dan disajikan dengan varian menu lainnya. Begitupun hidup dan perjalanan kita. Penderitaan yang engkau mengerti selama ini hanyalah sisiannya, mungkin sisian terkecilnya saja.

Taufik Sentana

Dalam Kumpulan Terbaru Gerbang Musafir

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam jumpa kembali dan salam kenal.Dah tiga tahun di gurusiana.moga sukses selalu.

14 Jul
Balas



search

New Post