Taufiku

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Rak Buku Mudah, Murah,  dan Indah

Membuat Rak Buku Mudah, Murah, dan Indah

Kelas Anda tidak ada pojok bacanya karena sekolah tidak punya dana untuk membelinya?

Bukan saatnya anda beralasan dana BOS yang diterima sekolah habis digunakan untuk biaya operasional yang lebih mendesak daripada membeli rak buku. Andaipun memang tidak ada anggaran untuk pengadaan rak buku, sebagai guru, Anda wajib berupaya dengan berbagai cara menghadirkan rak buku di kelas.

Adanya sudut baca merupakan salah satu indikator sebuah kelas disebut kelas literat. Tapa sudut baca, sebuah kelas kurang mendukung gerakan literasi nasional dan penguatan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum 2013.

Tujuan pojok baca adalah mendekatkan buku kepada siswa. Karena siswa ada di kelas, maka buku yang menumpuk di perpustakaan juga bergerak ke kelas. Buku-buku ini tentu butuh tempat hingga adanya rak buku di kelas menjadi wajib.

Guru bebas mendesain rak buku dengan berbagai bentuk. Tak ada ketentuan mengenai bentuk, bahan, dan ukuran rak. Hanya buku ditata dengan sampul menghadap ke depan sehingga siswa bisa melihat sampul dari depan.

Rak buku tidak harus membeli dan dari kayu. Asal sesuai dengan fungsinya untuk menaruh buku, dari bahan apapun rak bisa dibuat sendiri.

Dalam tiga hari ini, saya memasang rak buku di ruang kelas II dan III. Sekolah tempat saya mengajar mempunyai dana sedikit bahkan sering tidak cukup memenuhi kebutuhan operasional. Kepala sekolah meminta saya membantu pengadaan rak buku di kelas bawah.

Dengan keungan sekolah yang sering di posisi minus, saya membuat rak buku di kelas III dari kain. Saya membeli sepotong sarung dengan harga 38.000. Kain ini dibawa ke tukang jahit untuk dibuatkan kantong dengan upah 30.000. Kain sarung telah berfungsi menjadi tempat menaruh buku di kelas.

Di sekolah banyak kayu-kecil dari papan bangku yang rusak. Lebar rata-rata 7 cm, dengan panjang beragam dari 30 hingga 100 cm. Kayu-kayu ini saya tempelkan di dinding hingga bisa ditempati pajangan buku. Rak ini hanya bermodal lima ribu untuk membeli cat.

Rak buku bisa dibuat dari plastik, bambu, atau bahan lain yang berlimpah dan murah. Bahannya tidak harus baru, tetapi bisa saja sisa atau limbah yang tak terpakai.

Guru bisa berkreasi membuat rak buku sendiri dengan modal sedikit namun juga indah dipandang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kreatif dan inspiratif, saya malahan pake sudut siku besi hiiii, atasnya pake triplek

05 Jan
Balas

Saya kmrin bli itu juga, tapi blum dipake. Kalau ga dimodif triplekx mungkin kurang artistik.

05 Jan

Menginspirasi bgt pak... Ijin share ya

05 Jan
Balas

Ok..

05 Jan

Suuiiip pak taufik, boleh ya mau nyontoh xiiiiii. Ruang kls aku kan sempit banget.

05 Jan
Balas

Bersahabat dengan ruang terbatas. Silakan, Bu.

05 Jan

good idea....bentuk penerapan barbek juga Pak, ada nilai plusnya. btw kapan-kapan difoto Pak, biar bisa dicontoh..hehehe...sehat n semangat Pak. barakallah

05 Jan
Balas

Tdi ga bisa, skrang sudah ada foto. Hanya yang sarung ga bsa unggah.

05 Jan

Ide yang bagus Pak Taufik, bisa ditiru bagi yang kondisinya setara. Ini malah bisa semakin kreatif ya. Mungkin juga bisa pakai kain bekas.

05 Jan
Balas

Iya, Pak. Kain bekas selama layak. Atau kalau mau ditonjolkan alamiahx bisa yg warnanya pudar tpi dibarengi dg dekorsi yg mndukung.

05 Jan



search

New Post