Taufikurrakhman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi Guru adalah Berkontribusi

Menjadi Guru adalah Berkontribusi

Sebagai guru bahasa Arab, selain harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajiban secara profesional, yang lebih penting adalah menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap bahasa Arab.

Nama Saya : Taufikurrakhman. Akrab disapa Taufik. Saya adalah guru bahasa Arab di MAN 2 Kota Banjarmasin. Saya menjadi guru di salah satu madrasah favorit bertabur prestasi tersebut, sejak tahun 2005.

Saya memperoleh pendidikan agama Islam dari lingkungan madrasah dan kegiatan-kegiatan pengajian di sekolah dan kampus. Lahir di Kandangan, 23 April 1979. Pendidikan Dasar hingga Menengah saya tempuh di kota kelahiran. Dari SDN Wasah Tengah (tamat 1992), MTsN Sungai Paring (tamat 1995), dan MAN 1 Kandangan (tamat 1998). Pendidikan S 1 saya tempuh di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Fakultas Tarbiyah Jurusan PBA, tamat tahun 2003.

Di sela-sela waktu luang, saya menekuni hobi membaca dan menulis. Bagi saya, tiada hari tanpa membaca dan mencoba berkarya. Melalui berbagai literatur dan pengalaman nyata, saya mempelajari secara serius paradigma dan fenomena sosial, budaya dan pendidikan secara kritis dalam perspektif lokal maupun global

Sebagai guru bahasa Arab, proses belajar mengajar saya lakukan secara intensif dengan menggunakan metode pembelajaran yang relevan. Guna merangsang semangat dan daya tarik, saya juga kerap menggunakan media audio-visual atau aplikasi digital. Pengayaan saya berikan dengan berbagai kegiatan ke-bahasa Arab-an secara gradual.

Dari sekian banyak sikap dan proses tersebut, yang paling penting adalah menciptakan kenyamanan dalam belajar. Dengan membuat siswa merasa nyaman belajar maka stigma buruk tentang bahasa Arab akan terkikis perlahan, karena ruh seorang guru adalah yang terpenting dari sekian perangkat pembelajaran.

Saya bertekad akan terus berusaha mengembangkan kompetensi serta menelurkan sumbangsih. Menjadi guru, bagi saya adalah berkontribusi dalam ikhtiar membangun kualitas pendidikan generasi bangsa. Salam hangat dari saya. Wassalam. []

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post