TEMU RAHAYU C S.Pd M.Biomed

Temu Rahayu C S.Pd M.Biomed Guru Biologi di SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan menulis gurusiana hari ke-120

POSTER VIRUS

Salah satu materi pembelajaran Biologi kelas X adalah tentang Virus. Pada pembelajaran PJJ ada 4 tahapan pembelajaran yang coba saya terapkan

1. 2 jam pertama saya membagikan video pembelajaran yang berdurasi 25 menit melalui google classroom dan meminta siswa menjawab pertanyaan yang sudah saya buat dalam lembar kerja. Proses pembelajaran tahap 1 ini saya laksanakan secara penugasan. Setelah menonton video pembelajaran tentang virus, diharapkan siswa dapat memahami konsep-konsep yang ada pada materi virus.

2. 2 jam kedua, kita melakukan diskusi secara daring membahas LKPD yang sudah diisi oleh para siswa setelah menonton video pembelajaran tersebut. Dalam diskusi ini saya bisa tahu mana siswa yang sudah paham atau belum dari jawabannya baik secara lisan maupun tulisan

3. 2 jam ketiga, setelah semua konsep tentang materi virus sudah didiskusikan maka saya memberikan tugas secara kelompok untuk membuat poster tentang virus. Dalam poster itu harus memuat gambar virusnya, deskripsi virusnya, penyakit yang ditimbulkan,cara pencegahan dan pengobatan serta data statistik penderita di dunia dan di Indonesia.

4. 2 jam ke empat, masing masing kelompok akan mempresentasikan poster virusnya di ruang zoom di depan peserta didik yang lain dan didepan saya sebagai gurunya. Dalam presentasi tersebut peserta didik yang lain bisa bertanya dn menyampaikan masukkan ketika ada hal-hal yang harus diperbaiki. Setelah adanya masukan maka peserta didik harus melakukan perbaikan posternya dan setelah siap baru disubmit kembali di GC.

Itulah tahapan pembelajaran materi tentang virus yang coba saya terapkan di kelas-kelas PJJ yang saya ampu. Saya berharap dengan model Blended learning seperti ini untuk materi virus dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cara mengajar yang keren Bun. Salam literasi, sukses selalu.

29 Aug
Balas



search

New Post