TEMU RAHAYU C S.Pd M.Biomed

Temu Rahayu C S.Pd M.Biomed Guru Biologi di SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan menulis gurusiana harike-114

ASSESMENT KETUNTASAN MINIMAL (AKM)

Assesment Ketuntasan Minimal (AKM) mulai disosialisasikan kepada guru dan siswa. AKM ini akan diujikan di kelas XI untuk mengukur pemahaman siswa tentang konsep yng sudah diajarkan. Ada 3 tipe soal yang aka diujikan. Soal yng pertama mencakup kemampuan literasi dari peserta didik. Soal yang ditanyakan berupa soal analisis dari suatu bacaan yang didalamnya terdapat banyak informasi yang harus dicerna dn dipahami oleh siswa.

Tipe soal yang kedua membahas tentang literasi numerik. Dalam tipe soal ini, disajikan data berupa angka anagka atau numerasi yang harus bisa dibaca dan dianalisa oleh peserta didik. Untuk menjawab tipe soal seperti ini dibutuhkan ketajaman literasi numerik dari setiap peserta ddik. Peserta harus teliti dan memahami bagaimana membaca data berupa angka angka tadi.

Tipe soal yang ketiga berupa soal tentang kemampuan peserta didik dalam mengimplementasikan kemampuan sikap yang baik. Dalam belajar Biologi diperlukan bebebrapa sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik misal sikap jujur, tanggung jawab, mampu berkolabolari dan objektif, itulah beberapa contoh sikap yang harus dikembangkan oleh UNESCO.

Setelah kita diberikan informasi bahwa guru dan siswa harus coba melihat lagi contoh contoh soal yang dimungkinkan untuk dilatihkan sebelum proses penilaian AKM dilaksanakan, hendaknya bapak ibu guru mulai berlatih soal soal bentuk AKM yang dimungkinkan dengan 3 tipe soal tadi. Semoga perubahan sistem evaluasi ini tidak membuat siswa dan guru jadi pusing dalam menetukan mana yang akan dipilih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap..AKM juga sudah diujikan pada guru meskipun hasilnya tidak diumumkan..semoga hasilnya memuaskan ya utk siswa ibu..salam

22 Aug
Balas



search

New Post