Temy Yulianti

Saya adalah guru geografi yang mencoba menyelami samudra ilmu tak bertepi....., agar generasi bangsa ini tak sekedar memahami literasi, namun bisa menjadi layak...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengajar Seperti Air

Mengajar Seperti Air

#Tantangan Menulis 30 hari berturut-turut

#Tantangan Hari ke 3

Masih ingin menulis tentang air. Karena hari ini jumat, akan saya mulai dengan sebuah ayat yang terdapat dalam kitab Al-Quran surah Al-Baqoroh ayat 74 : “........Padahal di antara batu-batu itu sesungguhnya ada yang mengalir anak-anak sungai daripadanya dan di antaranya ada pula yang terbelah, lalu keluarlah air daripadanya dan sesungguhnya di antaranya ada pula yang jatuh meluncur dari atas ke bawah (karena takut kepada Allah) sebaliknya hatimu tidak terpengaruh karenanya serta tidak pula menjadi lunak atau tunduk. (Dan Allah sekali-kali tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan).....”

Saat saya akan memulai materi lithosfer ( lapisan batuan ) di kelas, saya mencoba untuk memberikan sentuhan spiritual terlebih dahulu sesuai amanah kurikulum, dan juga agar siswa lebih mencintai kitab suci mereka. Tentu sentuhan sosial juga tidak terlupakan dengan menanyakan kabar mereka, kondisi kesehatan dan lain-lain. Karena saya meyakini bahwa mengajar bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan namun juga menginternalisasi nilai-nilai kebaikan.

Salah satu dari mereka membaca ayat yang saya sajikan, lalu mencoba mencari sesuatu dalam ayat tersebut yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas. Alhamdulillah mereka antusias mencari nya, dan berani untuk menjawab.

Ayat tersebut menjelaskan tentang jenis batuan yang awal nya keras namun akhir nya berhasil dikikis oleh air hingga mengalami pelapukan dan air bisa mengalir dari sela-sela nya, bahkan terkadang tercipta bentukan alam yang indah. Itu merupakan sebuah hukum alam dimana proses yang terus menerus dilakukan dengan kelembutan akan mampu menghancurkan sesuatu yang awal nya keras.

Begitu pun aktivitas atau proses belajar mengajar. Mengajar adalah sebuah proses mengikis ketidaktahuan, kemalasan, serta menumbuhkan potensi terpendam yang indah dalam diri siswa. Maka mengajarlah seperti air, mengalir perlahan, penuh kelembutan, namun terkadang bisa berarus deras saat bertemu jeram.

Mengajar seperti air berarti mengajar dengan kekuatan. Kekuatan pengetahuan mendalam akan materi ajar, kekuatan kreatifitas dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta kekuatan untuk dapat memberi pengajaran yang bervariasi sesuai jenis kecerdasan siswa.

Tulisan kali ini seperti nya saya sedang membayangkan bahwa saya ingin sekali mengajar seperti air yang terus bersabar menempuh setiap fase yang dilewati nya sampai akhir nya air itu bermuara di tempat terbaik nya. Padahal keseharian saya dalam mengajar terkadang masih jauh dari teori-teori pembelajaran. Tapi semua butuh proses, dan saya sedang belajar berproses. InsyaAllah....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa, sungguh mulia seorang guru seperti ibu. Mengajar berawal dari kalam ilahi lalu diaplikasikan dalam penerapan pembelajaran di kelas. Keren. Tulisan sangat inspiratif semoga seluruh geografi mebaca tulisan ibu sehingga termotivasi mengajar seperti air. Salam kenal dan salam literasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Temy Yulianti

17 Jan
Balas

Terima kasih Pak Mulya, saya terinspirasi oleh Bapak karena konsisten menulis.....doakan agar saya bisa terus belajar seperti Bapak.

17 Jan

jiah

21 Jan

Super sekali Bunda moga diriku bisa mengambil pelajaran dari postingan ini aamiin

17 Jan
Balas

masyaAllah bu Leli lebih super......kalau saya masih belajar bu...doakan selalu ya bunda....

17 Jan



search

New Post