Titarini

Lahir di Jember 12 Mei 1974. Pengawas Madrasah Tingkat Raudhatul Athfal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web

Perundungan Tak Gentar Perundangan

part II

Pihak sekolah bisa meminimalisasi tindakan bullying di lingkungan pendidikan. Peran guru bimbingan koseling dalam hal ini akan sangat berarti. Hal ini bisa dilakukan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih humanis.

Selain itu sekolah juga bisa mewadahi kreatifitas maupun bakat dan minat siswa, agar bisa tersalurkan dengan hal yang positif. Makin banyak kegiatan yang dilakukan oleh siswa, maka Tingkat perundungan juga akan makin menurun, seiring dengan waktu yang mereka miliki banyak tersita untuk kegiatan yang positif.

Sinergi dengan pihak orang tua atau wali murid juga tidak kalah penting. Karena saat anak berada di rumah, maka sepenuhnya menjadi tanggungjawab orang tua/wali murid.

Demikian juga dengan masyarakat sekitar. Kita tidak boleh abai dengan hal-hal kecil yang menunjukkan gelagat mencurigakan. Sifat individualistis yang melekat hampir pada sebagian besar orang saat ini, memang perlu menjadi perhatian utama. Masyarakat kita hari ini cenderung ada pembiaran jika terjadi sesuatau, termasuk jika ada kasus perundungan pada siswa di sekitar tempat tinggal kita. Kepedulian masyarakat akan dapat mengurangi terjadinya perundungan.

Ambulu, 25 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

26 Feb
Balas

Makasih Bapak

26 Feb



search

New Post