Titim Aminatus Sholikha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membangun Karakter Siswa Kisah Inspiratif Nabi Sulaiman AS. Melalui Presentasi

Membangun Karakter Siswa: Kisah Inspiratif Nabi Sulaiman AS. Melalui Presentasi Visual Canva

A. Tahap Perencanaan

Generasi Z tumbuh di era teknologi sedang berkembang dengan pesat. Internet, media sosial, dan berbagai aplikasi yang mempermudah segala sesuatunya.. Pendidikan karakter yang seharusnya tumbuh sejak usia dini, saat ini sudah mulai tergantikan oleh teknologi dan media sosial. Bukan hanya ilmu pengetahuan saja yang harus kita pelajari, namun ilmu-ilmu agama juga wajib kita fahami untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT dan mempercayai keberadaan rasul-rasul Allah SWT, serta dapat mencontoh perilaku para nabi dan rasul.

Tujuan memahami kisah Nabi Sulaiman as adalah untuk menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari, membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Penguatan sikap bijaksana, berani dan ahli strategi dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada KD 3.4 Pendidikan Agama Islam kelas 5. Meneladani sikap Nabi Sulaiman as bertujuan agar kita menjadi manusia yang lebih bijaksana, berani dan ahli dalam perencanaan.

B. Pelaksanaan

Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 Hamzah ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2023, guru melakukan perencanaan dalam rangka Membangun karakter siswa: Kisah Inspiratif Nabi Sulaiman as melalui Presentasi Visual Canva sesuai Kompetensi Dasar 3.4 Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman as dan 4.4 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman as. Guru mengawali pembelajaran dengan:

1. Persiapan Materi

2. Presentasi di Kelas

3. Aktivitas Interaktif

4. Diskusi Lanjutan dan Kolaborasi

5. Evaluasi dan Umpan Balik

6. Tindak Lanjut

Peserta didik sangat antusias pada pembelajaran ini karena problem yang dipecahkan adalah mencari tahu dan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari google tentang kisah Nabi Sulaiman as. Di zaman teknologi modern seperti saat ini, tabayyun (mencari kebenaran) bukan suatu perkara yang sulit. Kuncinya terletak pada kemauan kita umat Islam untuk melakukan cek dan ricek akan sebuah informasi.

D. Tindak Lanjut

Sebagai feedback/ umpan balik dari kegiatan yang dilakukan, guru mengapresiasi kegiatan masing-masing kelompok sebagai berikut:

1. Pemilihan Cerita dan Nilai-Nilai yang akan ditekankan.

Pembuatan konten presentasi di Canva yang mencakup narasi cerita, gambar ilustratif, kutipan, dan ajaran moral dari kisah Nabi Sulaiman AS.

2. Menampilkan presentasi Canva yang telah disiapkan.

3. Memberikan kuis atau pertanyaan refleksi.

Penugasan kepada siswa untuk membuat sebuah karya melalui Canva yang merefleksikan pemahaman mereka

4. Diskusi antar siswa dapat saling berbagi pandangan mereka, pendapat, dan pemahaman.

5. Memberikan kuis atau pertanyaan terakhir untuk mengukur pemahaman siswa terhadap nilai-nilai yang diajarkan.

6. Rangkuman singkat tentang nilai-nilai yang dipelajari dari kisah Nabi Sulaiman AS.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post