Titin Hernawati

Titin Hernawati,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Pasundan 9 Kota Bandung.Belajar menulis merupakan proses penyembuhan ( healing) tersendiri. GURUSIANA memberikan ke...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aku Bersamamu Nak...
Jackpost site

Aku Bersamamu Nak...

Menyambut Ramadhan

Ya Alloh ... Bulan Suci itu segera datang.

" Terima kasih Ya Alloh atas keberkahan kesehatan Dan keselamatan,kesempatan menikmati Bulan penuh ampunan. Ramadhan" gumamku ketika melihat Jadwal KBM sekolah yang sedikit berlari cepat menuntaskan ujian nasional Dan sederet kegiatan sekolah menanti.

"Hmmmm.... Siap siap Bulan Ramadhan datang, sembako Naik, ayam harga Naik, duhhh kumaha atuh,,belum belanja baju lebaran, kabayang macet tah "B Yusi rekan kerjaku Yang seru kaalu bercerita mulai menggerutu suasana Ramadhan Yang Akan hadir beberapa Hari lagi.

" Iya ya bu.. banyak mengusap dada ya, apalagi tunjangan sertifikasi belum cair ya" kuperkeruh suasana dikantor itu.😁🙏

" Iya ... " B Anggi merespon.

Pecahlah rajukan manusia saat itu,,,ampuni Kami ya Alloh.

Sepanjang perjalananku pulang Dari sekolah, Aku sengaja Naik angkot,suasana macet kendaraan sdh mulai terasa, orang orang mudik ke kampung untuk menghabiskan shaum bersama keluarga. Betapa bahagianya.Kurindukan kampung halamanku.

Sepanjang perjalanan kedua bocah lanangku Adnan Dan Buki saling bersahutan bercerita,Ku sering lempar senyum walau lelah untuk menjawabnya.

" Ambu,besok shaum ya? " Tanya Adnan

" Iya..." Ku jawab dengan datar

" Nanti Aku makannya bagaimana? Aku Kan lapar Aku mau ayam goreng." Jawabnya

" Aku ... aku... eh... aku mah nggak shaum da" logat Sunda keluar dari mulut bocah 3 tahun itu, bungsuku Buki.

Aku mempunyai 4 anak, 2 anak perempuan Dan 2 anak lelaki.Rentang usia mereka terpaut jauh.

Zakia anak pertamaku sebentar lagi memasuki kuliah.

Ayesha anak keduaku Di SMP tingkat 3.Adnan berusia 5 tahun Dan Buki berusia 3 tahun.

Pola pikir Yang Berbeda, Dan karakter Yang Berbeda menjadi seni tersendiri berjalannya kehidupan keluargaku.

" Ah.. kalian tetap bayi bayiku" gumamku

Ramadhan Tiba..kupersiapkan perbekalan untuk Satu minggu. Menu wajib shaur pertama Kami adalah sayur Bayam jagung Manis.

Setelah Sholat tarawih, Kami berkumpul untuk menguatkan komitmen bersama selama Ramadhan Berjalan. Akhirnya Kami sepakati beberapa point ,kami menyebutnya " Ramadhan Challenges " diantaranya:

Minggu pertama Ramadhan tidak boleh berbuka shaum di luar. kewajiban masing masing dilaksanakan untuk dipertanggungjawabkan masing masing kepada Alloh Adnan Buki tidak boleh berantem Ambu Sama Bapa harus mesra

Penguatan penguatan itu sebenarnya untuk menguatkan mental Ku saja.. maklum power of emak emak.

Hari pertama Shaum,Nyaris terlambat bangun... Kurasakan suasana sepi sekali Dan Aku terhenyak bangun. Tanpa kulihat jam dinding,Aku bergegas rebus air Dan langsung Mandi, setelah beres Mandi, kulirikkjam dinding Yang berdenting, ternyatatjam 02.00 WIB.kuterdiam lagi sejenak.WIB.Sejenak terdiam. Langsung kurasakan badan mengigil dingin.

" Astagfirulloh... Begitu tergesa gesa Aku ini." Pikirku

Akhirnya Kami dapat melaksanakan shaur tanpa 2 bocah lelakiku.. mereka Masih terlelap tidur Dalam mimpi indahnya.

Aktifitas Berjalan seperti biasa, tiba Tiba....

"Ambu... Temen Aku disunat, banyak Yang Sama mainan" Adnan berlari terengah engah.

" Iya...Kan banyak Yang menengok" jawabku

" Kenapa harus disunat? Kan disunat Di tarik pakai jarum" Adnan kembali bertanya

" Hah...kata siapa? " Aku kaget mendengarnya

" Kata Bapaknya Aldi" jawabnya

"Ambu Aku mau disunat" Adnan memelas

" Kakang bener mau disunat? " Tanyaku

" Iya supaya Aku punya Robot Sama mainan, tapi tapi Bapak dulunyang disunatnya,, nanti mainannya buat Aku" Adnan mulai bernegosiasi

Kutahan Rasa ingin tertawa mendengarnya.

" Pak Haji.. Aku mau disunat" teriak Adnan kepada Pak Haji tetangga Kami

" Alhamdulillah" senyum Pak Haji

" Tapi mau Bapak aja disunatnya, nanti uang Sama mainannya buat Aku" Adnan kembali berceloteh.

Kamipun tertawa mendengarnya.

Nah ini terkadang jadi sedikit dilema ketika Kita mau mengajak Sholat tarawih buat anak anak. Aku harus mencari mesjid Yang sangat tidak keberatan hadirnya anak anak balita Dan siap mendengar celoteh anak anak.

Ku bawa para mujahid kecilku ke mesjid Yang kurang lebih 500 meter Dr rumah.Ketika sedang menjalankan Sholat tarawih Adnan langsung membisik keras ke adiknya Dan terdengar oleh semua orang Di mesjid Yang tidak Luas itu

" Buki...disini banyak kakek kakek Sama nenek nenek Yang giginya tinggal dua" Adnan berceloteh

Serentak mereka tertawa " hahahahhaha"

Pecahlah suasana .. kuhanya bisa menutup Mata saja..

Hari ke 4 Ramadhan, Kami sekeluarga ngabuburit ke daerah Punclut,niat awal hanya jalan jalna saja menikmati pemandangan,tetapi selama perjalanan, Kita melihat Mobil terhenti Di pinggir jalan Dan sedikit membuat macet.

" Ambu,Bapak... Itu kasihan orangnya,dibantu atuh" Tiba Tiba Buki Bicara

Kita saling memandang, dan Pak Deny ( suami) berhenti untuk menolongnya.kami menunggu percakapan mereka Dari kejauhan.

"Mbu...ternyata mesin mobilnya Rusak,sedangkan rumah beliau Di daerah Pagaden Subang,boleh Kita Derek?Tanya suamiku

"Kita jalan jalan pakai Derek pa?Yes asyik Aku mau pa" jawab Adnan Spontan Dan Buki Menyambutnya.

" OK lah Kita jalani" jawabku.

Sepanjang perjalanan terasa Indah,Jeep Tua Kami menderek Mobil Keren itu.

Sesampainya ditempat tujuan,Kami disambut hangar oleh keluarga Pak Bono,keramahannya menjamu Iftar Kami dengan istimewa.

" Wow...Ada sop buntut.. hmmmm itu kesukaanku" kata Adnan

Itulah dimana kmai belajar Dari kepolisian seorang anak Yang berbuah kebaikan. I love you kiddos.

Ben.keluarga Baru Kita.

Jujur saja Aku kurang suka dengan binatang,Karena tidak tahu mengurus ya seperti apa.Sempet jengkel ketika setiap pagi ketika membukakan pintu,seekor kucing kampung mengeong setiap hari.

Suami Dan anak anakku yang lebih perhatian,setiap Kita makan,kucing itu Di beri makan sesuai dengan menu kita. Hebat nya,kucing itu suka memakan sayuran,cakes,dan goreangan ayam. Kucing itu tidak suka daging kambing Dan daging sapi. Makanan kesukaan nya adalah buncis Ben adalah panggila nya. Beki dan Adlan memberi nama itu,entah Dari mawa Inspirasi nya. Lambat laun Ku perhatikan tingkah Ben Yang semakin Hari Kian manja. Dia sudah tau Jadwal memasak Kita Dan kapan Kita makan bersama. Ben hanya menunggu Kita selesai.

"Ahh Ben...kau menarik perhatin ku"guman Ku

Ben, selalu menemaniku malam dimana anak anak terlelap tidur, dia setia Di depan pintu dengan Gaya manja nya

Ben rambut nya rontok. Dan Aku tidak suka ketika Ben gosok gosok badannya,sehingga rambut nya berterbangan.

"Ambu,jangan dimarahi Ben-nya, kasihan" Adnan.

Betapa sayangnya Anak anakku terhadap Ben si kucing Kampung.

Welcome to the club Ben, kau diterima dikeluarga Kami.

Truck masuk syurga

Tadarus merupakan HAL Yang harus Kita lakukan,tadarus merupakan merupakan Ramadhan Challenge keluarga Kita.

Suatu Hari, Ayesha mengaji dirumah Dan Buki bertanya

" Kaka,kenapa mengaji terus?"

" Supaya masuk syurga" jawab Ayesha dengan sederhana

" Aku mau masuk syurga Ka,pinjam atuh itu nya"

Tarik menarik Al Quran terjadi,Aku berusaha menengahi.

"Buki mau mengaji? " Tanyaku

"Enggak Aku mah enggak mengaji,kan Aku belum sekolah,truck Aku Yang mau masuk syurga mah" Buki menjawab sambil memainkan truck mainannya diatas Al Quran

Buki... Oh Buki..... Kepakan sayap imajinasi baikmu nak....

Tasmu adalah tanggungjawabmu Kak

Mengisi waktu Yang kosong,kucoba benahi rumahku Yang tidak terlalu Luas,setidaknya ya terlihat Segar.Ketika kubuka lemari,kumencium aroma tidak sedap. Satu per Satu perlahan kumulai mencari sumber bay tidak sedap itu,Dan ternyata Ada makanan busuk Di tas anak remajaku Ayesha

"Ayesha,,,maaf kesini sebentar!" Pintaku dengan nada kesal Yang tertahan.

"Tolong bisa dijelaskan ini? " Sambil kutunjukan makanan basi itu

" Iya maaf Aku lupa"jawabnya lirih

" Tolong dibersihkan ya, ambu simpan tas ini dikamar Mandi" pintaku

" Iya mbuu... " Jawabnya

6 jam berlalu,tas itu ternyata Masih menggantung dinkamar Mandi,Aku tahan untuk tidak mencucinya.

" Ya Alloh ketuklah Hati Ayesha,pintaku lirih

" Ayesha, sudah beres Tanya? " Aku bertanya seolah olah tidka tahu

" Oh belum Mbu.. skrng mau dibersihkan. Maaf " jawabnya sambil beranjak ke kamar Mandi Karena kaget Dan lupa.

Remajakuu... Teruslah belajar Akan tanggung jawab.

Bidikmisi Berkah Ramadhan

Putri Pertamaku Zakia, Alhamdulillah lolos daftar ke Politeknik Bandung dengan jalur Bidikmisi, selamat berjuang ya sayang....

Ramadhan Challenge nya Kita berdua

Beliau adalah belahan hatiku.Kuarungi bahtera rumahtangga bersamanya Berjalan seharusnya Dan semestinya sesuai dengan kemampuan Kita. Alhamdulillah.

Tidak Ada perjalanan kehidupan yang mulus, pasti Akan selalu Ada ujian Yang datang.

Satu Yang Kami yakini, Allah SWT Sang Maha Rahman, Maha Rahim, Maha Ghoffur. Terlebih kmai diberikan amanah terbesar, 4 orang anak.

Ramadhan sekarang adalah Ramadhan Yang istimewa, Zakiaemasuki gerbang perkuliahan, Ayesha Naik kelas ke jenjang kelas IX, Adnan masuk Taman Kanak Kanak Dan Buki masuk PAUD

Wow... Hebatkan? Salah Satu imunisasi terkuat Kami adalah menjaga keharmonisan. Ramadhan Challenge Kita untuk tetap.mesra sebagai benteng pertahanan Dan berpegang teguh kepada Alloh Sang Pemberi rezeki.

Helooo suamiku... Allah with us, Aamiin.

Menulis itu menyembuhkan

Aku sebagai seorang ibu, merasakan ups and downs kehidupan,banyak factor Salah satunya perekonomian.

Tetapi kondisi itu tidak Akan membuatmu jatuh.Alloh sang Maha Pemberi Rezeki Akan memberikan APA Yang Kita butuhkna Dan tidak Akan membiarkan umatnya menangis.

Salah Satu obatnya menulis

Aku menulis cerita Ramadhan bersama anak ini adalah tetapi kebahagiaan Ku Dan menjadikan sebagai Salah Satu track record seorang ibu untuk suatu masa dimana anak anakku Akan membaca tulisan ini. Semoga Ramadhan ini mendidik jiwa Dan menguatkan Iman, semoga Berkah.

Aku Bersamamu Nak.....

Happy IED.

Alhamdulillah Hari kemenangan Akan tiba, Kami Akan merayakan Hari kemenangan ini Di Kota Bandung, kami Akan bersilaturahmi kepada orangtua,saudara, dan sahabat. Seperti biasa pasukan syurgaku Akan Kami bawa menggunakan "Si Kasep" Jeep Hijau Kita

Hari kedua, Kami Akan mudik ke kampung halaman, Ciamis

Segala persiapan Kami lakukan,perbekalan Dan amunisi Kita siapkan. Anak anak sangat antusias.Alhamdulillah. Ramadhan Bulan pengampunan Dan penuh Berkah. Semoga keluarga Kami menjadi keluarga Yang diberkahi Alloh. I love you all.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif sekali bu

18 May
Balas

Iya bu.. crowded

18 May
Balas

Terima kasih bu..

18 May
Balas

SubhanAllah... Jadi ngebayangin keluarga Ibu. Barakallah.

18 May
Balas



search

New Post