Titin Kusminarsih

Mengajar di SDN Balongdowo Candi Sidoarjo Lahir di Sidoarjo, 20 Pebruari 1974 Lulusan D2 PGSD IKIP Surabaya. s 1 matematika UNIPA Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web
FDG Implementasi  KUMER di Hotel Fave ( 832) T.28

FDG Implementasi KUMER di Hotel Fave ( 832) T.28

FDG Implementasi KUMER  Di Hotel Fave ( 832) T.28

Karya:  Tin Faza

     

      Kali ini Dinas Dikbud Kab. Sidoarjo, Hari Kamis tanggal  26 Januari 2023, menggelar acara Focus Discusion Group ( FDG) Implementasi KUMER dipusatkan di Hotel Fave Sidoarjo . 

       Undangan 45 orang   terdiri dari unsur Pengawas, KS , Waka Kurikulum, Pengembang Kurikulum dari  SD dan SMP, baik negeri atau swasta.

       Saya salah satu undangan mewakili KS  dari Kec. Candi yaitu dari SDN Durungbedug.

     Acara dihelat  dikoordinatori oleh Ibu Netty Lastiningsih, M.Pd selaku  Kabid mutu  dan dibuka oleh Bapak Tirto Adi , S.Pd selaku Ka disdikbud.

      Sebagai Narsum sekaligus fasilitator adalah Bapak Lely Adan dari Kemendikbudristek Jakarta.

      Tujuan FDG adalah refleksi  dan umpan balik tentang IKM serta  mendiskusikan jika masih ada miskonsepsi tentang seputar IKM yang sudah  berjalan di lembaga- lembaga  terutama  di Sidoarjo .

     Masalah - masalah yang masih perlu dipertanyakan adalah misalnya  struktur kurikulum , KOSP,  Assesmen awal atau assessment diagnostik dan Assesment proses dan hasil , tentang pembelajaran diferensiasi bagaimana  praktek baiknya harus fleksibel,  boleh menggunakan  tutor sebaya dan masalah lain - lainnya.

     Kami sebagai peserta FDG menuai hikmah dari yang belum jelas tentang IKM menjadi  lebih jelas kembali. Misalnya koordinator project Learning dihargai 2 jp bagi guru yg mengampunya, setiap  guru koordinator project dapat   mengampu 6 kelas  jika di SMP. Kemudian  1 guru BK membawahi 150 siswa dalam berikan naratif bimbingan konselingnya. Misalnya mapel Kebaharian di SD atau SMP  Hangtuah  dapat  dimasukkan pelajaran atau mulok  pilihan.

IPAS di SD sebetulnya dapat  dilaksanakan IPA dulu di semester 1 atau IPS  dulu , tergantung   setting ATP gurunya. project Learning hasil tak harus product fisik tapi boleh perwujudan karya seni suara dan tari mengacu budaya lokal.

     Buku teks Kumer  tidak sebagai satu- satunya   acuan  belajar dapat  merujuk sumber penunjang lain di sesuaikan dengan TP dan ATP guru yang menyusun . Hal- hal  penting kadang kita yang belum tahu tentang implementasi kurikulum merdeka ( IKM) dengan FGD kita menjadi lebih mengerti. Saling sharing dengan praktisi pendidikan bersama dengan pengetahuan  dari Narsum dan fasilitator  dari Kemendikbud ristek secara  langsung. Semoga ke depan pelaksanaan IKM lebih baik, lebih  baik lagi.

     Pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh Kabid Mutu Kab. Sidoarjo, akan diselenggarakan acara dengan tajuk  sama dalam event, tempat dan yang  diundang berbeda lebih  meluas lagi.

     Dalam moment indah ini Saya senang  dapat bersuah peserta FDG , yaitu ibu guru SMPN  Saya dulu , Ibu Endang Purnamisasi, M.Pd,  sebagai Waka kurikulum di SMPN 1 Sukodono, serta bersuah sobat CKS 19 yang sekarang sudah  menjabat KS- KS SMPN di Kab.Sidoarjo,  ada ibu Ikromilah Yetty Prastuti M.Pd, dari SMPN 3 Porong, Bapak Bambang Riyanto,M.Pd,  dari SMPN 2 Jabon.Bapak Arif Budiono, M.Pd, SMPN Balongbendo 1 dan Bapak Heri Kristanto, M.Pd dari SMPN Prambon 1. Bersuah juga Sobat CKS 20, Bapak Ahmad Anwar , MPd, dari SDN Ngingas Waru, Waka kurikulum SMP Budi Utomo Prambon, ibu Saraswati Dyah Rahayu MPd. Bersuah juga dengan  saudara Sepupu sebagai Pengawas di Kec. Sedati , Ibu Sumiyatin, M.Pd, Editor MGI, ibu Khoirun Nisa, M.Pd. Di samping itu Pengawas Saya  sendiri mendampingi giat ini , ibu lilies Mulyaningsih, M.Pd.

      Yang membanggakan juga,  Saya dapat  menyerahkan 2 buku karya lomba Antologi Media Guru  Indonesia ( MGI) opini dan esai  dengan tema kuliner  Nusantara dan Merdeka Bullying kepada Bapak Dr Tirto Adi , MPd , selaku kadisdikbud kab Sidoarjo, Alhamdulillah.

 

Kota Delta , 28 Jan 2023.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat sore Ibu

28 Jan
Balas



search

New Post