Titin Kusminarsih

Mengajar di SDN Balongdowo Candi Sidoarjo Lahir di Sidoarjo, 20 Pebruari 1974 Lulusan D2 PGSD IKIP Surabaya. s 1 matematika UNIPA Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web
PLP 1, Masa Observasi (872) T.77

PLP 1, Masa Observasi (872) T.77

PLP 1, Masa Observasi. Part 1 (872)T.77

Karya: Tin Faza

 

     CPada saat PLP (Pengenalan Lingkungan Persekolahan) 1,  10 mahasiswi PGSD Umsida mendapat tugas untuk mengobservasi kondisi lembaga di SDN Durungbedug dari tanggal 6 sampai 11 Maret dengan dibimbing salah satu dosen Umsida dari program B. Inggris yaitu  DPL 1, Ibu Sheila, M.Pd.

        Mahasiswi  ini menempuh PLP 1 adalah mahasiswi yang masih duduk diperkuliahan PGSD semester 4.

      Mereka masih mendalami ilmu tentang pendidikan di semester 4 ini. PLP 1 ini sebagai latihan menggali ilmu lebih dalam tentang lembaga sekolah tertentu.

      Di lembaga kami mereka menggali  informasi sebanyak- banyaknya dalam seminggu ini diantaranya Visi, Misi dan tujuan sekolah kami , jumlah Tendik ,  siswa dan rombel belajar.

      Disamping itu juga mengobservasi struktur kelembagaan dan seluruh  Sarpras  di lembaga kami.

     Observasi juga dilakukan  saat pembelajaran berlangsung , mereka menggali bentuk pengajaran yang dilakukan guru pamong di kelas dan guru bidang studi. Disamping itu juga bentuk apa saja, giat ektrakurikuler  SD kami.

      Tujuan observasi yaitu belajar berkomunikasi dengan orang lain dan mencari data  untuk mendukung pembelajaran  selanjutnya diperkuliahan. Disamping itu juga  mereka belajar berpengalaman langsung ke lapangan mencari sumber yang valid.

     Kami sebagai lembaga SD  bersama Tendik di sekolah  bahkan siswa menerima dengan tangan terbuka atas pelaksanaan PLP 1 di sekolah kami.

    Siswa - siswi sangat gembira mendapat guru baru kata mereka, walau hanya  satu minggu. Mereka, siswa kelas 5 bersemangat  saat pentas tari  disaksikan oleh mahasiswi PLP 1. Serta saat  lembaga kami kedatangan tamu dari BNNK  untuk pengambilan rekor muri,  menyanyikan mars anti narkoba secara serentak, mahasiswi PLP 1 lah yang mengajari siswa kami.  Saya  sebagai pimpinan lembaga sangat bangga dengan  Keantusiasan  mereka berobservasi. Perpustakaan kami ditata rapi oleh mereka. Saat giat senam pagi hari Jum'at, Mahasiswi PLP 1 ikut kontribusi menyemarakkannya.

      Saat perkenalan awal 10 mahasiswi  kami kenalkan kepada seluruh siswa  dan guru kami  pada saat upacara bendera. Walau seminggu mereka  berobservasi di sekolah kami , mereka mahasiswi seperti keluarga sendiri  di Lembaga kami, aamiin.

 

Kota Delta , 19 Maret 2023.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post