Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 110) 'Bukan Menyuruh'

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kasih sayang orangtua kepada anaknya sungguh tiada batas. Ia rela mengorbankan segalanya demi sang buah hati. Apa pun yg diinginkan dan dimintanya pasti akan dikabulkan apapun itu. Jika ada yang mengganggu dan melukainya sudah barang tentu pasti membelanya. Bahkan tidak jarang orangtua yang menjaga anaknya sedemikian rupa agar tidak terluka sedikit pun dengan membiarkannya tidak boleh bekerja sekalipun itu untuk membantu meringankan pekerjaan orangtua. Semua ditangani oleh orangtua demi kebahagian anaknya bah sang raja yang selalu diladeni segala keperluannya. Tidak ada yang salah dengan perlakuan seperti itu karena sebagai bukti bahwa kasih sayangnya tiada tara.

Namun tdk sedikit pula orangtua yang memperlakukan anaknya tidak seperti itu. Sekali² atau bahkan sering anak disuruh ini dan itu apa yang biasa orangtua kerjakan. Mulai dari hal sepele, misalnya menyapu sampai pekerjaan yang berat sekalipun. Ini dilakukan bukan karena tidak sayang dan memberatkannya, tapi semata² untuk memperkenalkan dan melatih agar mereka mengetahui dan bisa hidup suatu saat nanti dimana orangtua sudah tidak ada atau tidak mampu lagi mendampinginya. Mereka sadar bahwa orangtua tidak akan selama ada untuknya bahkan mungkin orangtua lah yang nanti harus dilayani.

Begitupun dengan guru di sekolah, terkadang mereka pun sering menyuruh ini dan itu diluar materi pembelajaran. Mereka tidak menyadari bahwa itu dilakukan semata² untuk melatih mereka agar terbiasa dan sebagai bekal di masa yang akan datang.

Mudah²n kita bisa mempersiapkan bekal untuk generasi penerus kita dan semoga dengan bekal itu semua kita dapat menuai buah apa yg kita tanam. Amin yra.

Wallohu a'lam bishowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

reader

18 Nov
Balas



search

New Post