Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 112) 'Sudah Uyuhan'

Setiap orang pasti menginginkan sesuatu yang sempurna, hasil yang ideal sesuai dengan harapan dan tujuan yang diinginkannya, baik itu terkait yg kita kerjakan atau melibatkan orang lain yg mengerjakannya. Apabila kurang sesuai, maka terkadang akan muncul rasa kecewa, uring²n bahkan marah kepada semua orang yg terlibat. Hal itu wajar dilakukan apalagi kalau yg dikerjakan dirasakan belum optimal bahkan terkesan asal²n. Namun seyogyanya kita pun harus sadar bahwa ketidaksesuai harapan itu bisa terjadi karena keterbatasan atau ada sesuatu latarbelakang yang tidak kita ketahui. Oleh sebab itu pemberian reward atau penghargaan tetap harus kita berikan atas segala usaha meskipun hasilnya kurang memuaskan.

Dalam ajaran Islam pun kita diharuskan tetap berusaha, berikhtiar dan berdoa seoptimal mungkin, sedangkan hasilnya diserahkan kepada Allah SWT. Ini harus kita pegang sebagai acuan. Misalkan kita menyuruh seseorang utk mengerjakan sesuatu yg kita inginkan. Jika ternyata hasil pekerjaannya tidak sesuai, kita tidak usah memarahinya, menghardiknya atau mengomelinya., namun berilah penghargaan atas kerjanya karena bisa jadi hasil yg kurang itu diakibatkan karena kekurang mampuan atau ada hal yg kita tidak ketahui penyebabnya.

Begitupun di sekolah, ketika ada siswa yang tdk bisa mengerjakan tugas dengan baik atau hasil penilaiannya masih kurang maksimal ataupun ada guru yang kurang bagus dalam mengajar dan mejalankan tupoksinya atau ada sekolah yang kurang rapih dalam pelaksanaanya, seyogyanya jangan di judgement jelek, dimarahi, diomeli atau di cap kurang baik, karena bisa jadi kemampuannya hanya seperti itu disebabkan keterbatasan dan latarbelakang yang mengakibatkan hasilnya seperti itu. Coba berilah penghargaan atas semua jerih payahnya sebagai motivasi agar kedepannya bisa mengatasi atas segala kekurangannya.

Mudah²n kita selalu menghargai atas segala usaha yang dilakukan orang lain dan semoga dengan penghargaan tersebut dapat memotivasi ke arah yang lebih baik. Amin yra

Wallohu a'lam bishowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post