Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 98) 'Selayaknya Teman'

Islam mengajarkan kita untuk menjalin hubungan baik dengan Allah (Habluminalloh) dan juga manusia (habluminannas), artinya bahwa selain kita menjalankan ibadah langsung dengan Allah, namun kita juga harus menjaga silaturahmi dengan manusia. Rajin shalat, puasa dan ibadah² lain yang langsung berhubungan dengan Allah adalah suatu keharusan. Tapi tidak cukup itu saja, kita juga tidak boleh abai terhadap jalinan hubungan baik dengan manusia. Dan seyogyanya apabila kita sungguh² dlm ibadah kepada Allah maka secara otomatis hubungan dengan manusia pun harusnya baik. Tapi justru tidak sedikit diantara kita yang ibadahnya baik, namun kurang harmonis dengan sesama kita, ataupun sebaliknya.

Serupa dengan itu. kita pun dihadapkan pada hubungan dengan atasan/pimpinan dan bawahan/sesama rekan kerja. Terkadang kita lebih mengutamakan hubungan baik dengan pimpinan daripada bawahan. Entah karena berbagai macam alasan, baik keberlanjutan pribadi maupun keberlangsungan sistem. Bahkan tidak jarang yang abai dan acuh serta tidak mau bergaul dengan bawahan/sesama. Justru alangkah baiknya apabila kita lebih banyak bergaul dengan sesama tanpa ada batas, karena merekalah yang akan membantu, mendukung dan bekerjasama sehingga dengan seperti itu akan otomatis membuat hubungan kita dengan atasan/pemimpin pun menjadi baik.

Begitupun antara guru dengan siswa, seyogyanya diperlakukan seperti itu. Namun tetap dengan menperhatikan adab dan etika.

Mudah²n kita bisa tetap menjalin silaturahmi dengan siapapun tanpa ada pembatas dan semoga dengan silaturahmi yang baik akan mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. amin yra

Wallohu a'lam bishowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post