Trianto Ibnu Badar at-Taubany

BAGAIMANA MENULIS ITU? Menulis merupakan pekerjaan yang begitu berat, bahkan dapat membuat orang stress, frustasi, dan kolaps. Bagaimana tidak banyak d...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL PERJALANAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM TEMBANG MACAPAT (Bagian 1)
Anak-anak dan para remaja dengan antusias melantunkan Tembang Macapat

MENGENAL PERJALANAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM TEMBANG MACAPAT (Bagian 1)

MENGENAL PERJALANAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM TEMBANG MACAPAT (Bagian 1)

********

Tembang macapat umumnya terdapat dalam karya-karya sastra klasik Jawa dari masa Mataram Baru. Adapun pada karya prosa, tembang macapat ini disebut gancaran. Meski begitu, saat ini isi dari karya sastra Jawa tidak lagi begitu.

Saat ini tembang macapat masih sering dilantunkan dalam acara-acara di Jawa. Namun, masih banyak anak muda yang tidak mengenal tembang asal Jawa yang satu ini.

Tembang macapat adalah langgam dan bisa juga merupakan lagu dalam bentuk yang tidak lazim. Tembang macapat biasa ada pada seni karawitan Jawa. Istilah tembang macapat merupakan gabungan dari kata tembang dan macapat.

Istilah tembang macapat merupakan gabungan dari kata tembang dan macapat. Kata macapat sendiri bukan berasal dari bahasa Jawa Kuno, bahasa Jawa Tengahan atau Bahasa Kawi melainkan berasal dari bahasa Jawa Baru.

Menurut Gus Muwafiq macapat disebut sebagai puisi bertembang karena pembacaannya dengan ditembangkan. Pembacaan itu berdasarkan susunan titilaras atau notasi yang sesuai pola metrum atau pakemnya. Karena pembacaan harus dengan cara ditembangkan inilah, macapat disebut tembang macapat atau dalam raga krama menjadi sekar macapat.

Tembang Macapat sebagai sebuah puisi bertembang, memiliki beragam jenis pola metrum atau pakem. Secara tradisional setidaknya terdapat 15 pakem dalam macapat. Namun, secara umum macapat hanya memiliki 11 pola metrum (pakem). Ke-11 pakem tembang macapat yang dikenal yakni maskumambang, mijil, sinom, kinanthi, asmaradana, gambuh, dhandanggula, durma, pangkur, megatruh, dan pucung.

Masing-masing tembang macapat sesuai pola metrum punya makna falsafah tersendiri. Mulai dari makna tentang alam ruh manusia sebelum dilahirkan, fase manusia lahir, tumbuh, mengenal cinta, sampai pada manusia meninggal dunia dan kembali ke alam ruh. Dengan lain kata, kesebelas tembang macapat itu menggambarkan perjalanan kehidupan manusia.

Berikut 11 (sebelas) tembang macapat yang menggambarkan atau menceritakan perjalanan kehidupan manusia.

Maskumambang

Maskumambang memiiki arti punggawa yang melaksanakan upacara Shamanistis. Tembang maskumambang biasanya dibawakan untuk menunjukkan suasana haru, memukau, mempesona atau memikat hati. Acara-acara tersebut misalnya kelahiran bayi yang sangat didambakan.

Tembang Maskumambang menceritakan tentang keadaan perjalanan manusia saat masih di alam ruh yang kemudian ditanamkan dalam rahim atau gua garba seorang ibu. Melayangnya ruh (nyawa) menuju calon janin yang ada dalam diri manusia.

Maskumambang bermakna emas terapung. Maskumambang melambangkan anak yang masih dalam kandungan. Saat ruh ditiupkan dalam rahim seorang ibu. Hal itu menunjukkan bahwa manusia sebenarnya tidak berdaya sehingga harus senantiasa berserah diri pada Tuhan Sang Maha Pencipta.

Mijil

Mijil berarti nama sejenis tumbuhan yang berbau wangi. Tembang mijil menggambarkan suasana awal, muda, kelahiran atau mengawali sesuatu.

Manusia menjelma dalam wujud bayi yang ke luar dari dalam Rahim ibu. Pola metrum ini merupakan ilustrasi dari proses kelahiran manusia. Mijil atau mbrojol dan keluarlah jabang bayi bernama manusia.

Mijil berasal dari kata bahasa Jawa wijil, yang bermakna ‘keluar’. Tembang mijil memiliki makna saat anak manusia terlahir ke dunia dari rahim ibunya.

Pada saat itu anak tidak berdaya dan membutuhkan pelindungan serta kasih sayang dari orangtua. Itulah sebabnya manusia harus bertakwa kepada Tuhan dan berbakti kepada orangtua.

Kinanti

Kinanthi dapat diartikan sebagai bergandengan tangan, teman bermain (playgroup) atau nama benda. Kinanthi bisa berarti bersama juga. Tembang Kinanthi bertemakan kebersamaan, penuh kasing sayang, penuh cinta, dan bersifat penuh persaudaraan.

Kinanti berasal dari kata kanthi atau tuntun ‘bimbing’ yang berarti bahwa kita membutuhkan tuntunan atau bimbingan.

Tembang Kinanti mengisahkan kehidupan seorang anak yang membutuhkan tuntunan untuk menuju jalan yang benar. Tuntunan itu dapat berupa norma agama, adat istiadat, serta bimbingan dari guru dan orangtua agar dapat meraih kebahagiaan dan keselamatan dalam kehidupannya.

Kinanti memberi makna, bahwa masa kanak-kanak harus dilengkapi dengan menuntut ilmu baik pelajaran keagamaan, dan ilmu pengetahuan, seperti mengaji, sekolah, dan lainnya untuk bekal kehidupan. Pada pola kinanthi ini dicertiakan tentang masa pembentukan jatidiri dan meniti jalan menuju cita-cita. Kinanti berasal dari kata kanthi atau tuntun yang bermakna bahwa kita membutuhkan tuntunan atau jalan yang benar agar cita-cita kita bisa terwujud.

Sinom

Sinom bisa diartikan sebagai daun muda dan kadang diberi tanda sandi berupa gambar atau lukisan. Tembang sinom cocok untuk suasana atau acara yang menampilkan cerita-cerita, hikayat, legenda atau kepercayaan yang berhubungan dengan anak muda.

Masa remaja (enom atau nom-noman). Sinom berarti penggambaran masa muda. Masa muda yang indah, penuh dengan harapan dan angan-angan.

Sinom berarti daun yang muda. Sinom juga berarti isih enom (masih muda). Jadi tembang macapat Sinom melukiskan masa muda, masa yang indah, serta masa penuh dengan harapan dan angan-angan.

Asmarandana

Istilah asmarandana memiliki arti suka memberi. Tembang ini biasanya dibawakan dalam acara yang memiliki suasana penuh cinta, jatuh hati, memuja kekasih, cerita cinta atau cerita yang berhubungan dengan perasaan hati yang senang.

Tembang Asmarandana berasal dari kata asmara artinya ‘asmara atau jatuh cinta’, dan dahana artinya ‘api atau menyala-nyala’. Jadi asmarandana berarti ‘api asmara’ atau ‘cinta kasih’ atau ‘asmara yang menyala’ atau ‘cinta yang menggebu-gebu’ terhadap lawan jenis.

Tembang ini mengisahkan perjalanan hidup manusia yang berada pada tahap memadu cinta kasih dengan pasangan hidupnya. Selain itu, juga dikisahkan cinta dalam hubungannya dengan sesama mansia (hablum minannas), cinta pada alam semesta (hablum minal ‘alam), dan cinta kepada Tuhan Yang Mahakuasa (hablum minallah).

Pada masa ini, manusia mulai memiliki rasa suka pada lawan jenis (asmara). Asmara artinya rasa cinta. Sehingga ilustrasi pada pola metrum ini mengisahkan akan masa-masa kisah asmara, percintaan, atau larut dalam lautan kasih cinta. (Bersambung)

******

Senin, 15 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren. Makasih, Pak

15 Apr
Balas

Sami2 Bunda. Terimakasih atas apresiasinya

15 Apr

Terimakasih admin

15 Apr
Balas

Keren banget, sukses selalu untuk Bapak

15 Apr
Balas

Terimakasih atas apresiasinya Opa Sunin

15 Apr

Keren Pak Tri

15 Apr
Balas

Terimakasih atas apresiasinya bunda

15 Apr

Luarrr biasa ulasannya p Tri. Sukses sllu

15 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

15 Apr

Mantap. Terima kasih ulasannya, Bapak. salam sukses.

15 Apr
Balas

Terimakasih atas apresiasinya bunda

15 Apr

Nih keren banget ulasannya Gus, saya punya buku macapat Jawa tapi tidak bisa baca hahaha, sukses selalu gus

15 Apr
Balas

Monggo kalo perlu les privat Gus .. hehehe

15 Apr

Nah ini les privatnya dari Jember-Sidoarjo

16 Apr

Tulisannya keren dan inspiratif. Salam Literasi.

15 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya Gus

15 Apr

Mantap

16 Apr
Balas

Terima kasih apresiasinya pak Sandi

17 Apr



search

New Post