Trianto Ibnu Badar at-Taubany

BAGAIMANA MENULIS ITU? Menulis merupakan pekerjaan yang begitu berat, bahkan dapat membuat orang stress, frustasi, dan kolaps. Bagaimana tidak banyak d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ngopi Bareng Bolang Era 80-an
Aku (Kang Anto), Agung (Dwi Agung), dan Taji (Sutaji)

Ngopi Bareng Bolang Era 80-an

Tidak terasa sudah 40 tahunan sejak masa Bolang Era 80-an berlalu. Kini bertemu kembali dalam suasana santai Ngopi bareng di Bicopi Lingkar Timur Kota Surabaya. Suasana gayeng disertai dengan cerita masa lalu saat usia Sekolah Dasar yang suaknya keluyuran sepanjang sungai untuk gogo (cari ikan atau udang), nginjen Jenjkerik (Cari Jengjerik waktu malam), Grabyak atau Cari Jengjerik waktu siang, obak delikan (mainan sembunyi2an di waktu malam), egor, bentengan, dan bal-balan dan berbagai macam mainan anak-anak di waktu kecil dulu.

Kami memiliki gorup Bolang Era 80-an yang terdiri dari Aku yang biasa dipanggil temen-temen Kang Anto, kemudian Agung (Dwi Agung), dan Taji (Sutaji). Ini merpuakan tiga orang yang ajeg kluyuran sepanjang pegunungan kapur utara, dan wilayah sekitarnya di wilayah Tuban. Kemudian ada Gendut (Gendut Sugianto), Nung Dong (Nur), Ithing (Solikin), Imam, To Ulung, Kaeri (Sukaeri), adikku perempuan Mbin (Winanrni), Sumi (Sumiati), dan Sus (Susanti). Ini merupakan Bolang yang sukanya tawu (mencari ikan dengan cara menguras air sungai). JIka lapar cukup makan blonceng (labu sawah), dan air cublikan (air belik/sumber air di tepi sungai).

Sungguh masa kecil yang sangat nebgasikkan bagi bocah nDeso (anak desa) tempo dulu. Jika kita lihat film Bolang di TV, maka sesungguhnya kami lebih Bolang - hanya saja tidak ada dokumentasi yang mengekpose kami saat itu. Jika menjelang hari libur (Minggu), maka satu atau dua hari sebelumnya sudah siap-siap membuat bekal jika ada seperti cari kacang babut, atau ketela rambat dari sisa panenan kemudian direbus dan dijadikan bekal berangkat.

Jika kisah ini ditulis dan dibukukan maka akan menjadi serial yang tidak habis-habis. Selain kami memiliki komunitas dalam 1 desa, kita juga memiliki komunitas lintas desa - komunitas ini dulu terbentuk dengan adanya masa atau era interkom satu kabel sehingga kita bisa terhubung dan berkomunikasi antar desa. Apalagi setelah era Walky Talky (WT) atau Handy Talky (HT) - maka klomunikasi bertambah meriah. Tentu jangan dibandingkan dengan era HP saat ini lho ya. Tapi setidaknya masa itu sudah ada "Bolang" yang menghdiupkan arti persahabatan sesungguhnya dan solidaritas sosial tinggi serta emparti antara teman.

Salam Bolang Era 80-an.

Rabu, 24 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Mas senior. Sukses selalu

24 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya Pak Burhani

24 Apr

Asik banget, sampe skrg msh berhubungan. Masa kecil yang indah. Mantap, Pak,

25 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

25 Apr

Bahagia banget masa kecil Kang Anto ini.

24 Apr
Balas

MKTB Bun. Masa Kecil Terlalu Bahagia ... hahaha

24 Apr

Keren tulisannya Pak Tri, sukses selalu.

24 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

24 Apr

Terimakasih admin

24 Apr
Balas

Mantap banget, sukses selalu untuk Bapak

24 Apr
Balas

Enaknya ngopi bareng Pak Tri

25 Apr
Balas

Sahabat sejak sekolah

24 Apr
Balas

Sekarang baleni mBolangnya, Bapak. Hehe... Salam Bahagia.

24 Apr
Balas

Hahaha ... mBolang yang lain Bunda.

24 Apr

Persaudaraan yang abadi

25 Apr
Balas

Selamat berreuni Gus, betapa bahagianya ketemu dengan bolo seperjuangan, sukses selalu untuk Gus

24 Apr
Balas

Memori daun pisang Gus ... hehehe. Terimakasih Apresiasinya

24 Apr

Memori daun pisang Gus ... hehehe. Terimakasih Apresiasinya

24 Apr



search

New Post