Trianto Ibnu Badar at-Taubany

BAGAIMANA MENULIS ITU? Menulis merupakan pekerjaan yang begitu berat, bahkan dapat membuat orang stress, frustasi, dan kolaps. Bagaimana tidak banyak d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tentang 'Diriku, dan Literasiku'

Tentang 'Diriku, dan Literasiku'

TENTANG DIRIKU, & LITERASIKU

*******

Trianto Ibnu Badar at-Taubany terlahir dengan nama Trianto di Tuban pada 18 Oktober 1969, putra ke tiga pasangan H. M. Badar (Mulyodiharjo) dan Hj. Tonari. Pendidikan Dasar (SD/SMP) diselesaikan di SDN Prambontergayang 1 Soko Tuban dan SMPN Rengel Tuban. Pendidikan Menengah Umum diperoleh dari SMAN 1 Bojonegoro. Pendidikan tinggi ditempuah dari FMIPA Universitas Airlangga melalui Program Ikatan Dinas Dikti dan Program Akta di FIP IKIP Negeri Surabaya (sekarang Unesa) serta FKIP UT UPBJJ Palangkaraya. Setelah lulus sarjana melanjutkan di Program Magister Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, dan Program Doktor Program Pascasarajana Universitas Airlangga Surabaya.

Penulis sekarang bertugas sebagai ASN di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur setelah dipromosikan dari Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya TAHUN 2018. Penulis juga tercatat sebagai Pengajar di UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Sunan Giri Surabaya, dan PPs STIE Yappan Surabaya.

Penulis juga aktif dan bertindak sebagai narasumber di berbagai kegiatan ilmiah, seperti seminar, workshop, lokakarya dan sejenisnya baik tingkat regional, nasional maupun internasional serta konsultan pendidikan pada beberapa sekolah/madrasah/pesantren.

Publikasi Buku, Artikel Ilmiah, & Makalah

Penulis telah menghasilkan puluhan Buku Terpublikasi (100-an buku), dan ratusan artikel (250-an) yang tersebar di media masa dan jurnal ilmiah, seperti Jurnal Inovasi BDK Surabaya, Jurnal Dwija Karya PGRI Jawa Timur, Jurnal Nizamia FITK UIN Sunan Ampel, Majalah Media Pendidikan Dinas Pendidikan Jawa Timur, Majalah MPA Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Majalah Teropong Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendis Kemenag RI, Majalah ‘Bende’ Taman Budaya Jawa Timur, dan di Koran seperti Jawa Pos, Surya, Kalteng Pos, Media Kalteng, dll. Ratusan tulisan-tulisan bebasnya juga menghiasi media online yaitu Gurusiana dan Kompasiana, serta blogspot pribadi. Ratusan makalah telah disampaikan dalam berbagai forum ilmiah seminar, workshop, lokakarya dan sejenisnya baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

Buku Monologi

Buku monologi penulis yang telah terpubliaksi antara lain: Tinjauan Yuridis Hak serta Kewajiban Pendidik Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen [Prestasi Pustaka, 2006]; Wawasan Ilmu Alamiah Dasar Perspektif Islam dan Barat [Prestasi Pustaka, 2007]; Sertifikasi Guru [Prestasi Pustaka, 2007], Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Prestasi Pustaka, 2008), Perkawinan Adat Wologoro Suku Tengger (Prestasi Pustaka, 2008), Dimensi Transenden dalam Transformasi Sosial Budaya (Lintas Pustaka, 2008), Pengembangan Sains dan Teknologi Berwawasan Lingkungan Perspektif Islam (Lintas Pustaka, 2008), Model Pembelajaran Terpadu, Teori & Praktek (Prestasi Pustaka, 2008), Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif [Prenada Media Group, 2009], Mendesains Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Prenada Media Group, 2009), Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Peraturan perundang-undangan di Indonesia (Prenada Media Group, 2009), Etika Politik Pendidikan Agama Islam (Prenada Media Group, 2009), Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, dan Implementasinya pada KTSP [Bumi Aksara, 2010], Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tendik [Prenada Media Group, 2010], Mendesains Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini dan Sekolah Awal SD/MI [Prenada Media Group, 2011], Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas [Prestasi Pustaka, 2011], Mendesain Pembelajaran Progresif & Implementasinya pada Kurikulum 2013 [Kencana Prenada Media Group, 2013], Bahan Pembelajaran Utama PKB Tingkat 1 Kepala Sekolah/Madarsah, Supervisi Akademik (Kemendikbud, 2013), Bahan Pembelajaran Utama PKB Tingkat 2 Kepala Sekolah/Madarsah, Supervisi Akademik (Kemendikbud, 2013), Bahan Pembelajaran Utama PKB Tingkat 3 Kepala Sekolah/Madarsah, Supervisi Akademik (Kemendikbud, 2013), Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah (Kencana Prenada Media Group, 2017), Profil Pendidikan Madrasah Provinsi Jawa Timur (Kanwil Kemenag Jatim, 2019), Buku Panduan Umum Program Gerakan Ayo Membangun Madrasah (Kanwil Kemenag Jatim, 2019), Jentera Pendidikan Islam: Pikiran-Pikiran Lepas (Media Pendidikan Plus, 2021), Antologi Puisi: Kidung Kalalodra (Media Pendidikan Plus, 2021), Suluk Kembang Sungsang (Media Pendidikan Plus, 2021), Writing is Easy (Media Pendidikan Plus, 2021), Desains Pengembangan Kurikulum Darurat (Media Pendidikan Plus, 2021), Mengembangkan Pendidikan Inklusi di Sekolah/Madrasah [Kencana Prenada Media Group, 2022], Membingkai Mimpi, Menuai Harapan (Bumi Aksara, 2023), Gema Santri: Gerakan Membangun Pesantren untuk Negeri (Kanwil Kemenag Jatim, 2024), dan lainnya.

Buku Antologi/Jama’ah

Kumpulan Tulisan Sarung dan Demokrasi (Khalista, 2010), The Inspiring Teacher, Menjadi Guru PAI Motivatif & Teladan (NLC, 2015), Jangan Pernah Berhenti Mengajar (Azkiya Publisher, 2019), Dream Hope & Pray (Azkiya Publisher, 2019), Menulis itu Mudah (Klik Media, 2019), Buku Panduan Khusus Program Gerakan Ayo Membangun Madrasah (Kanwil Kemenag Jatim, 2019), Moderasi Beragama di Indonesia Jilid 2 (Azkiya Publisher, 2020), Menyemai Renjana, Memendar Senjana (Pustaka Media Guru, 2020).

Pengantar Buku

Hakekat Keilmuan Ilmu Hukum: Suatu Tinjauan dari Sudut pandang Filsafat Ilmu (Prestasi Pustaka Publisher, 2007), Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia pasca-amandemen UUDNRI 1945 (Cerdas Pustaka, 2008), Materi & Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (IAIN Sunan Ampel, 2009), Mendesains Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Prenada Media Group, 2009), Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Peraturan perundang-undangan di Indonesia (Prenada Media Group, 2009), Etika Politik Pendidikan Agama Islam (Prenada Media Group, 2009), Perlindungan Hukum Pasien (Prenada Media Group, 2009), Pembelajaran Akselerasi (Prestasi Pustaka, 2010), Berbisnis dengan Tuhan (Kompas Gramedia, 2028), Kumpulan Puisi Berujar Aku (Delta Pustaka, 2020), Kumpulan Puisi Suara Hati: Spektrum Sunyi (Pustaka Mediaguru, 2021), Moderasi Beragama Ikhtiar Merawat Kebhinekaan (Dandelion Publisher, 2021), Jejak Inspirasi MTs Negeri 2 Ponorogo (Cracias Logis Kreatif, 2021), Saya Guru Bi(a)sa, maka Saya Menulis (Saya Guru Bi(a)sa, maka Saya Menulis (Cracias Logis Kreatif, 2022)

Penghargaan

Penulis pernah dinobatkan sebagai penulis terbaik versi majalah Media Pendidikan Jawa Timur 2005, 2007, 2008, 2009, dan 2010 dan menjadi juara serta mendapat penghargaan diberbagai lomba karya tulis ilmiah [LKTI] baik tingkat regional maupun nasional, penerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun (2004) dan 20 Tahun (2014) dari Presiden RI dan pada tahun 2012 dinobatkan sebagai Pengawas Pendidikan Agama Islam Berprestasi Tingkat Nasional serta memperoleh Anugerah (Penerima) Apresiasi Pendidikan Islam dari Menteri Agama RI tahun 2013 dan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur pada Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2013. Penulis Buku Bestseller yang berjudul “Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif (Kencana Prenada Media Group), dan Model Pembelajaran Terpadu (Bumi Aksara)”.

******

Sabat, 20 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap Mas senior. Sukses selalu

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya pak Burhani

21 Apr

Luarrr biasa. Tokoh inspiratif. Salutnya saya, tetap aktif SKSS dan memberikan semangat pada saya dan teman2 Gurusiana. Terima kasih atas supportnya. Smg sehat dan makin sukses, Pak.

21 Apr
Balas

Sami2 bunda. Semua sama bun, kita sama2 belajar tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang. Tetap semangat belajar menulis dan berkarya bersama Bunda

21 Apr

Mantul karyanya Pak. Sanggat menginspirasi. Salam literasi dan sehat selalu. Mohon maaf lahir batin.

20 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

20 Apr

Prestasi yg luar biasa

20 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

20 Apr

Luar biasa, keren Pak. Sukses selalu...

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya pak Rochadi

21 Apr

Luar biasa, keren Pak. Sukses selalu...

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya pak Rochadi

21 Apr

Mantap pollll..., Bapak.

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya Bunda

21 Apr

Mantap pollll..., Bapak.

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

21 Apr

Luar biasa'. Sehat dan sukses selalu

21 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya Ning

21 Apr

Luar biasa prestasinya dan inspiratif

20 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

20 Apr

Mantap.

20 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda

20 Apr

Sangat menginspirasi Pak. Segudang prestasi dan karya.

20 Apr
Balas

Terimakasih apresiasinya Gus

20 Apr

Terimakasih apresiasinya Gus

21 Apr

Terimakasih apresiasinya Gus

21 Apr



search

New Post