Tri Darmanto

Berpetualang dengan mengunjungi banyak tempat membuat kita belajar banyak hal. Selain menaklukkan gunung dan mencicipi makanannya, saya belajar tentang kebijaks...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mencari Tempat Sampah

#tantanganmenulis108

Mencari Tempat Sampah

"Ayah, plastik bungkus bekal makanan kita buang di bawah pohon itu saja, yuk!" Aldo kepada ayahnya yang duduk di bangku taman. Sejak tadi Aldo mencari-cari tempat sampah di penjuru taman. Ternyata setelah dijelajahi tidak ditemukannya. "Susah banget sih nyari tempat sampah. Ini sampah seplastik penuh lagi!"

"Ayah kan tadi sudah bilang, nak. Di sini tidak ada tempat sampah. Kamu nya tidak percaya," Ayah menimpali. Aldo baru datang ke Jepang untuk mengunjungi Ayahnya yang sedang bertugas. Dia belum sepenuhnya tahu budaya di Jepang. Seperti tentang tempat sampah. Tadi dia bersikukuh bisa menemukan tempat sampah. Mosok taman seluas itu tidak menyiapkan tempat pembuangan sampah.

Aldo tetap belum mengerti. Saat di Indonesia, sangat mudah menemukan tempat pembuangan sampah. Atau ketika baru malas, dibuang saja sembarang tempat, beres. Jepang terkenal dengan kebersihannya, kok malah susah mencari tempat sampah. "Orang Jepang sudah terbiasa, nak. Terbiasa membawa sampahnya untuk nanti dibuang di tempat sampah di rumah. Itu juga untuk mendidik agar meminimalkan penggunaan benda yang berpotensi menjadi sampah. Itu kamu masukkan tas saja. Dibuang di rumah. Kemudian saat hari pembuangan sampah plastik, ayah buang ke titik pembuangan di gang rumah kita."

Tokyo/18 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post