Tri Darmanto

Berpetualang dengan mengunjungi banyak tempat membuat kita belajar banyak hal. Selain menaklukkan gunung dan mencicipi makanannya, saya belajar tentang kebijaks...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sampah

#tantanganmenulis106

Sampah

Pengetahuan bahwa membuang sampah sembarangan tidaklah baik pasti diketahui umum. Hampir semua orang tahu itu. Pernah mendengar dari bapak/ibu guru di bangku sekolah. Membaca poster atau iklan di mana-mana. Ajakan dari orator. Mencerna nya tatkala para penceramah berada di mimbar.

Toh masalah sampah belum juga diselesaikan. Di setiap sudut menumpuk sampah. Sungai dipenuhi sampah. Jalanan sampah berserakan. Tempat-tempat umum selalu ada sampah berserakan. Tangan-tangan terasa sangat susah mengendalikan diri agar sampah itu diletakkan pada tempat yang sesuai.

Bukan membandingakan untuk mencoreng muka sendiri. Kenyataannya memang seperti itu. Hiro, teman saya yang orang Jepang, beberapa kali mengajak saya ngobrol ringan tentang masalah itu. Dia sering mencontohkan orang-orang Jepang yang disiplin dalam mengurus sampah. Diawali sejak dini diajari sekaligus dibiasakan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga saat anak tumbuh dewasa kebiasaan tersebut mampu mendarah daging.

Tokyo/16 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post